Foto: XL
Foto: XL

Polri dan XL Kolaborasi Terapkan Teknologi Body Worn Camera

Mohammad Mamduh • 01 Desember 2022 16:51
Jakarta: XL Axiata dan Polri berkolaborasi dalam mendukung pengamanan KTT G20 Bali yang lalu dengan penggunaan Body Worn Camera.
 
Body Worn Camera yang dipakai oleh Polri dan team pengamanan KTT G20 ini berupa kamera yang menempel pada jaket atau rompi.
 
Body Worn Camera telah dipakai oleh tim pengamanan antara 1-18 November 2022 lalu, yang tersebar di area-area  utama, antara lain Bandara Internasional Ngurah Rai, Hotel Apurva Nusa Dua, pergerakan personel polisi antara bandara sampai dengan Nusa Dua ITDC, Lapangan Renon dalam acara gelar pasukan, dan simulasi penanganan terorisme di Kuta Bali.
 
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto menambahkan, body worn camera tersebut menggunakan solusi IoT berbasis GSM. Mereka juga memberikan dukungan konektivitas yang dipakai pada HT Push To Talk untuk Command Center di Polda Bali, Mobile Command Center di Nusa Dua dan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, dan bantuan operasional Command Center untuk Divisi TIK Polri selama bertugas di KTT G20 Bali.
 
Kamera ini memiliki memori 32 GB yang bisa merekam nonstop selama 20 jam, kapasitas baterai sampai 8 jam nonstop, Global Positioning System (GPS), bisa untuk live streaming dan terhubung ke petugas command center dengan menggunakan koneksi jaringan 4G. 
 
Kamera tersebut dilengkapi fitur inframerah, berguna merekam kondisi lapangan saat malam hari. Ada pula fitur tombol darurat (panic button) yang bisa digunakan petugas saat situasi darurat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat tombol tersebut ditekan, maka alarm akan berbunyi di command center serta kamera tersebut secara otomatis mengirim koordinat petugas yang menekan panic button. Body worn camera ini dipakai oleh petugas Korlantas, Brimob, Divisi TIK Polri dan Densus 88 pada saat pengamanan KTT G20 Bali. Total ada 200 device yang dipakai pada saat pengamanan.
 
Kedua pihak berencana menerapkan teknologi ini di Jakarta dan Surabaya, dengan jumlah sekitar 1.300 unit.
 
XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang pelaksanaan KTT G20 Bali, 11 – 17 November 2022. Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 15-20 persen lebih tinggi dibandingkan dibandingkan hari-hari normal di lokasi-lokasi event G20.
 
Lonjakan terutama terjadi di area Nusa Dua, Jimbaran, Sanur, dan Kuta, termasuk Bandara  Internasional Ngurah Rai, dan khusus di ITDC dan Apurva kenaikan trafik mencapai lebih dari 80 persen.
 
Jaringan XL Axiata untuk area seluruh Bali ditopang lebih dari 5.800 BTS, termasuk lebih dari 3.300 BTS 4G. Layanan 5G yang disediakan di 17 titik, antara lain Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Apurva Kempinski, dan Pantai Sanur.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif