iPhone Selanjutnya Usung Desain Layar Berlubang?

Lufthi Anggraeni 14 November 2018 07:33 WIB
apple
iPhone Selanjutnya Usung Desain Layar Berlubang?
Apple dilaporkan mendaftarkan paten menampilkan iphone dengan layar berlubang.
Jakarta: Dalam ajang Samsung Developer Conference minggu lalu, Samsung mengumumkan tipe layar baru. Salah satunya adalah Infinity O, layar dengan lubang di bagian layar untuk kamera.

Desain ini diperkirakan akan menjadi tren di tahun 2019, sebab produsen smartphone lain turut mendaftarkan paten serupa, demikian juga dengan Apple.

Situs LetsGoDigital melaporkan bahwa Apple mendaftarkan dokumen paten baru, menampilkan iPhone dengan lubang pada layar sebagai tempat untuk kamera.


Dokumen paten dengan judul Integrated Camera Window ini didaftarkan Apple di United States Patent and Trademark Office pada bulan Juni 2018 lalu.

Pada gambar yang terlampir di dokumen paten, kamera ditampilkan akan tersemat di sudut kanan atas layar, dan layar akan dilapisi dengan kaca yang diperkuat oleh bahan kimia.

Namun, dokumen tersebut tidak secara jelas menampilkan penggunaan bahan kaca tersebut pada panel dengan lubang kamera atau tidak.

Dokumen ini juga menyematkan contoh dari kaca yang diperkuat dengan bahan kimia mengandung Potassium Nitrate (KNO3) pada suhu yang ditingkatkan selama beberapa jam.

Pemanasan kaca ini menghasilkan pelapis kaca yang diklaim tahan terhadap tekanan lebih tinggi. Dokumen ini juga disebut menjelaskan paten dengan cukup detil.

Kehadiran dokumen paten ini menimbulkan spekulasi bahwa Apple tengah berupaya mewujudkan paten tersebut dan akan menghadirkannya pada iPhone keluaran tahun 2019 mendatang.

Sayangnya, pendaftaran dokumen paten tidak pernah menjamin inovasi akan diwujudkan dan dihadirkan dalam bentuk produk komersial yang dapat dinikmati konsumen.

Saat Apple mendaftarkan paten terkait layar dengan lubang untuk kamera, Huawei juga mendaftarkan paten untuk ponsel dengan lubang di bagian layar sebagai tempat untuk speaker depan.

Paten Huawei ini tidak menampilkan lokasi kamera depan, dan juga tidak tersedia gambar yang mengindikasikan kamera akan muncul dari bagian tengah bodi ponsel.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.