Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pria Ini Curi Cryptocurrency Senilai Rp14,5 Miliar

Teknologi cyber security cryptocurrency
Ellavie Ichlasa Amalia • 23 November 2018 15:44
Jakarta:Seorang pria berumur 21 tahun dituduh telah melakukan penukaran SIM pada eksekutif Silicon Valley untuk mencuri cryptocurrency dengan nilai USD1 juta (Rp14,5 miliar).
 
Ialah Nicholas Truglia, pria yang menggunakan apartemennya di West 42nd Street, Bay Area sebagai markas untuk mencari target dari skema penipuan penukaran SIM.
 
Skema penukaran SIM adalah metode ketika penyerang menelpon customer service untuk memindahkan sebuah nomor ponsel ke perangkat baru, menurut laporan ZDNet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan ini hanya bersifat sementara karena para korban dengan segera menyadari bahwa nomornya bermasalah dan akan melaporkannnya.
 
Jeda waktu pengguna untuk mendapatkan kembali nomornya memungkinkan sang kriminal untuk melewati sistem autentikasi dua faktor untuk mengakses akun finansial seseorang.
 
Menurut para jaksa penuntut umum, Truglia menargetkan Robert Ross pada 26 Oktober. Truglia berhasil melakukan serangan penukaran SIM dan mencuri cryptocurrency berupa Coinbase dan Gemini dengan total nilai USD1 juta.
 
Cryptocurrency itu disimpan dalam tabungan Ross yang ditujukan untuk dana kuliah kedua puterinya.
 
Ross dengan cepat sadar bahwa ada masalah dengan nomornya dan menelpon operator yang dia gunakan. Namun, ketika nomornya dikembalikan, cryptocurrency miliknya sudah terlanjur dicuri dan ditukar menjadi uang.
 
Dikabarkan, ada beberapa eksekutif lain di Silicon Valley yang menjadi target serangan. Namun, para akhirnya, tidak ada cryptocurrency yang tercuri. Secara keseluruhan, Truglia memiliki enam korban.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif