Microsoft berupaya mendorong transformasi digital UMKM Indonesia via cloud.
Microsoft berupaya mendorong transformasi digital UMKM Indonesia via cloud.

Gadeng HIPMI, Microsoft Modernisasi UMKM via Cloud

Teknologi microsoft
Lufthi Anggraeni • 21 Maret 2019 08:26
Jakarta: Microsoft Indonesia mengumumkan kerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) JAYA) dalam penyelenggaraan Microsoft Business Day. Acara ini menjadi medium Microsoft dalam mendorong transformasi, inovasi dan pertumbuhan digital UMKM.
 
Melalui acara ini Microsoft menekankan bahwa adaptasi teknologi menjadi hal penting di era digital, terlebih karena Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disebut menjadi salah satu sektor dengan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.
 
Sementara itu, mengingat pertumbuhan pesat yang dialami teknologi komputasi awan atau cloud menjadi faktor pendorong berbagai industri, Microsoft mengaku yakin bahwa cloud dapat menjadi pondasi dasar dalam proses inovasi organisasi, guna meraih peluang lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Layanan berbasis cloud dapat membantu para pelaku UMKM untuk menekan biaya operasional dan memberi mereka akses data dari mana saja, kapan saja dengan perangkat seluler apapun sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis,” ujar Chief of Partner Officer and Director of Small Medium – Corporate Segments Microsoft Indonesia Mulia Dewi Karnadi.
 
Microsoft mengunggulkan sejumlah produk yang dinilainya dapat membantu UMKM dalam melakukan transformasi digital, yaitu Office 365.
 
Produk dengan dukungan fitur seperti SharePoint, OneDrive, Skype for Business, Outlook dan lainnya dinilai akan memungkinkan pelaku bisnis memanfaatkan fitur Co-Authoring untuk saling berkolaborasi.
 
Selain itu, Microsoft turut mengunggulkan Azure sebagai platform komputasi awan terintegrasi, memungkinkan pelaku UMKM untuk memindahkan aplikasi dan data bisnis penting ke cloud tanpa perlu berinvestasi pada infrastruktur mahal. Microsoft turut mengklaim Azure mampu menyuguhkan keamanan terbaik.
 
Sebagai informasi, menurut data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Pusat Statistik, serta United Nation Population Fund, jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia pada akhir 2018 tercatat sebanyak 58,97 juta orang. Namun dari jumlah tersebut, baru sekitar 3,79 juta pelaku UMKM yang telah memanfaatkan teknologi untuk bisnisnya.
 
Microsoft Indonesia menyebut telah berinvestasi sebesar lebih dari UDS1 miliar per tahun selama enam tahun, untuk penelitian dan pengembangan keamanan siber secara global.
 
Melalui penelitian dan pengembangan ini, Microsoft berharap dapat menjawab kebutuhan solusi bisnis yang tepat dalam hal teknologi agar kelak dapat menciptakan ruang kerja modern dan aman yang memungkinkan Anda bekerja lebih produktif, inovatif dan kolaboratif.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif