Palo Alto Networks menyebut jaringan 5G dapat dimanfaatkan dan menguntungkan bagi peretas.
Palo Alto Networks menyebut jaringan 5G dapat dimanfaatkan dan menguntungkan bagi peretas.

Jaringan 5G Bisa Untungkan Peretas

Teknologi teknologi telekomunikasi cyber security
Lufthi Anggraeni • 08 Februari 2019 17:03
Jakarta: Palo Alto Networks menilai industri telekomunikasi menjadi salah satu target empuk bagi kriminal siber. Peran penting yang dipegang industri ini turut mendorong para kriminal siber untuk menyerang perusahaan-perusahaan telekomunikasi.
 
“Industri telekomunikasi secara alamiah menjadi salah satu target dari serangan siber. Sebab, dulu jaringan telekomunikasi hanya dimanfaatkan untuk melakukan telepon. Sekarang, banyak transaksi finansial dilakukan via jaringan telekomunikasi. Terlebih dengan kehadiran jaringan 5G, yang akan jadi jalan tol untuk penyerang siber,” ujar Country Director Palo Alto Networks Indonesia Surung Sinamo.
 
Jaringan 5G disebut Surung mendorong terciptanya aplikasi untuk berbagai layanan dan aktivitas, sehingga membuat inovasi menjadi semakin beragam. Namun, inovasi ini turut membuka celah yang dapat dimanfaatkan oleh peretas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebab, aplikasi baru turut menghadirkan periode tanpa proteksi, yang dikenal dengan istilah Zero Day. Ini bisa dimanfaatkan oleh peretas. Sementara itu, Surung menyebutkan, kehadiran jaringan 5G yang menjanjikan konektivitas yang lebih cepat juga akan melibatkan penyedia layanan komunikasi pada berbagai transaksi di aplikasi.
 
Jaringan 5G yang menjanjikan kapasitas lebih besar akan meningkatkan jumlah perangkat yang terhubung ke internet, sehingga celah keamanan yang ditimbulkan juga semakin besar dan secara alami meningkatkan jumlah serangan siber.
 
Karenanya, Palo Alto Network berkata, pelaku industri telekomunikasi perlu meningkatkan investasi pada perlindungan dan melakukan modernisasi sistem keamanan agar tetap dapat mengikuti perkembangan teknologi dan malware yang dibuat dengan teknologi baru ini.
 
Selain itu, tidak hanya berinvestasi dalam keamanan jaringan, Palo Alto Networks menyebut pelaku industri telekomunikasi juga perlu meningkatkan perlindungan pada cloud dan end-point, serta memastikan bahwa ketiga komponen tersebut saling terintegrasi.
 
Integrasi ini ditujukan untuk memudahkan proses update sistem perlindungan saat dibutuhkan. Pelaku industri telekomunikasi juga dinilai perlu meningkatkan investasi pada otomatisasi, sehingga proses update sistem perlindungan tersebut lebih sederhana dan dapat dilakukan secara bersamaan.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi