Mencoba ScreenPad di ASUS ZenBook Pro terbaru.
Mencoba ScreenPad di ASUS ZenBook Pro terbaru.

Menjajal ScreenPad di ASUS ZenBook Pro

Teknologi asus
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Desember 2018 13:14
Jakarta: Apa fungsi trackpad di laptop? Tentu saja memudahkah navigasi atau menggerakan pointer pada layar. Desain trackpad hanya berupa area datar yang beberapa dilengkapi tombol klik kanan dan kiri serta mendukung perintah berdasarkan gestur.

Bagaimana apabila trackpad ini justru dihadirkan di atas sebuah layar yang bisa menampilkan apa yang Anda lihat di layar? Medcom.id menganggap ini sebagai fitur canggih yang bukan sekadar gimmic. Ini justru memiliki potensi mendukung multitasking pengguna dari kalangan profesional atau bisnis.

ASUS memberi nama inovasi ini sebagai ScreenPad, sebuah trackpad yang berfungsi sebagai layar sentuh berukuran 5,5 inci resolusi 1920x1080, dan ASUS yang pertama menciptakannya di dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Awalnya, Medcom.id bingung menggunakannya tapi rupanya ASUS sudah menyiapkan tutorial video yang sangat mudah. Pertama Anda harus mengasses tombol shortcut F6 untuk memilih mode dari ScreenPad.

Ada mode ScreenPad, Touchpad, dan Extender. Pada mode ScreenPad Anda bisa menyapukan jari dari atas layar ScreenPad untuk menemukan beberapa toolbar shortcut aplikasi sederhana seperti kalkulator, kalender, pemutar musik sekaligus video, dan lain-lain.



Lebih dari itu shortcut fitur atau aplikasi yang ada di toolbar ternyata bisa dikustomisasi. Medcom.id bisa menambahkan shortcut untuk aplikasi lain yang ada di laptop, fungsinya sama sepert launcher di smartphone yang berisi beragam daftar aplikasi.

Pengguna bisa menambahkan maupun menguranginya sesuai kebutuhan. ASUS sendiri sudah bekerja sama dengan Microsoft untuk menyediakan dukungan seluruh aplikasi buatannya yaitu Office 365 sehingga bisa kompatibel diakses lewat ASUS ScreenPad.

Misalnya saat Medcom.id membuka aplikasi PowerPoint maka tampilan ScreenPad berubah menjadi toolbar fungsi dan fitur dari PowerPoint yang bisa dikustomisasi jumlahnya. Di sudut kanan tetap tersedia pilihan untuk beralih ke pointer di layar monitor sehingga.



Beralih ke mode selanjutnya dengan kembali menekan tombol F6, ada mode Extender. Mode ini memanfaatkan ScreenPad sebagai layar kedua. Anda bisa mengklik dan drag jendela aplikasi yang berjalan di monitor ke bawah hingga tampilan ScreenPad berubah berisi jendela aplikasi tadi.

Medcom.id. menjajalnya untuk membuka jendela browser berisi video YouTube dan menariknya ke layar ScreenPad sehingga layar monitor tetap bisa digunakan untuk membuka beragam aplikasi lain yang sedang dikerjakan sembari menyaksikan YouTube di layar ScreenPad.



Pada mode selanjutnya, Touchpad, tersedia pilihan untuk mengubah ScreenPad menjadi trackpad atau mousepad biasa dan mode terakhir adalah menonaktifkan ScreenPad sebagai trackpad apabila pengguna memilih menggunakan mouse.


(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi