Ilustrasi.
Ilustrasi.

Makin Populer, Pengguna Domain Internet .id Naik 37%

Teknologi teknologi internet pandi
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Januari 2021 11:32
Jakarta: Organisasi Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang merupakan pengelola dan registrar domain .id kemarin memberikan laporan perkembangan domain tersebut uuntuk periode 2020.
 
PANDI mengklaim bahwa domain .id yang identik sebagai kode negara Indonesia semakin populer di tahun lalu. Hal ini dilihat dari peningkatan registri situs atau website yang menggunakan domain tersebut.
 
"Total prosentasi kenaikan 133.909 domain atau 37,9 persen kalau dibandingkan capaian di 2019," ujar Ketua PANDI, Yudho Sucahyo dalam konferensi pers virtual kemarin. Lebih detil angka registrasi di tahun 2020 berhasil melampaui target awal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PANDI awalnya menargetkan 472.569 nama domain yang menggunakan .id dan per tanggal 31 Desember 2020 sudah mencapai 486.814 domain. PANDI mengklaim penggunaan domain .id tidak oleh masyarakat lokal juga situs mancanegara.
 
Data yang disajikan PANDI menunjukan bahwa persebaran nama domain .id terdiri dari 453.100 domain yang didaftarkan masyarakat Indonesia dan sisanya sebanyak 33.714 merupakan domain yang didaftarkan di oleh pengguna luar negeri.
 
Melihat kesuksesan ini PANDI menyampaikan target untuk tahun 2021 untuk seluruh dunia dengan target 532.123 nama domain .id. Yudho menaikan target pangsa pasar nama domain .id dari 30 persen menjadi 35 persen di Indonesia.
 
Pencapaian di tahun ini disebutkan tidak terlepas dari kerja sama PANDI dan registrar. Di tahun 2020 mereka berhasil menambah tiga registrar domain .id baru sehingga total ada 22 registrar yang bermitra dengan PANDI.
 
Peningkatan nama domain .id juga dibarengi dengan fokus PANDI untuk meningkatkan kepercayaan nama domain .id dengan memperkuat keamanan dan menanggulangi phishing.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif