Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Tips Beli VGA Seken

Teknologi teknologi gadget tips dan trik teknologi hardware vga
Cahyandaru Kuncorojati • 01 Maret 2021 12:52
Jakarta: Tren mining atau menambang aset kripto sangat populer dan berakibat buruk bagi gamer di platform PC yang ingin melakukan upgrade karena stok kartu grafis atau yang dikenal juga sebagai VGA menjadi langka hingga harganya yang mahal.
 
Kartu grafis menjadi alat utama untuk mining aset kripto dan mereka yang melakukan ini biasanya memiliki modal besar sehingga mampu memborong kartu grafis dalam jumlah banyak.
 
Namun harga aset kripto beberapa tahun lalu sempat anjlok sehingga membuat banyak miner yang menjual kartu grafisnya. Akibatnya saat itu banyak kartu grafis bekas memenuhi stok di pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi tersebut mungkin saja terjadi dan Anda mempertimbangkan untuk membeli kartu grafis bekas atau kebetulan menemukan kartu grafis bekas bukan mining dengan harga yang menarik.
 
Medcom.id mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan membuat panduan bagi Anda yang ingin membeli kartu grafis bekas.
 
1. Pertimbangan harga
Harga biasanya menjadi pertimbangan saat mencari barang bekas. Jangan pernah membeli kartu grafis bekas dengan harga yang sama atau mendekati harga saat diluncurkan ke pasar.
 
Anda akan sangat rugi apabila harus membeli kartu grafis bekas dengan harga normal. Jadi pastikan Anda sudah mengetahui harga peluncuran dan harga pasaran dari jenis kartu grafis yang akan dibeli.
 
2. Cek performanya
Apabila Anda diberikan garansi beberapa hari atau bisa berkomunikasi dengan penjual maka lakukan pengecekan performa dari kartu grafis bekas yang dijual.
 
Di internet banyak tersedia referensi aplikasi atau software gratis pengujian performa kartu grafis atau yang dikenal sebagai stress test untuk kartu grafis alias GPU. Di dalam software biasanya ada penilaian mengenai performanya.
 
Apabila Anda mengerti mengenai hardware terutama berani membongkar kartu grafis maka bisa dilakukan pembersihan dari debu yang ada di perangkat termasuk mengganti thermal paste atau thermal compound di bagian GPU.
 
3. Perhatikan setiap bagian perangkat
Jangan hanya melihat tampilan depannya dan tergiur harga murah serta skor pengujian performa. Anda juga harus melihat setiap bagian dari kartu grafis atau setidaknya bagian yang tidak perlu dibongkar.
 
Contohnya, PCB atau badan kartu grafis tidak terlihat bengkok termasuk bagian interface atau ujung slot PCIe. Cek juga apakah kartu grafis masih terlihat kokoh apabila penjual mengklaim bahwa tidak pernah membongkar kartu grafis.
 
Pengecekan kipas pendingin juga harus dilakukan. Pengecekan ini dilakukan saat kartu grafis digunakan, misalnya lewat software pengujian. Pada sejumlah kartu grafis sudah diterapkan teknologi agar kipas hanya berputar saat dibutuhkan atau dalam beban kerja berat.
 
(MMI)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif