Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan 24 perizinan online. Metrotvnews.com/Roni Kurniawan
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan 24 perizinan online. Metrotvnews.com/Roni Kurniawan

Tinggal Klik, IMB di Kota Bandung Beres!

Teknologi pelayanan kependudukan
Roni Kurniawan • 28 Mei 2015 17:18
medcom.id, Bandung: Wali Kota Kota Bandung, Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi untuk mengurus izin mendirikan bangunan yang bisa diakses secara online melalui www.bppt.bandung.go.id.
 
Sebanyak 24 jenis perizinan yang bisa diakses langsung hanya dengan mengayunkan tangan di telepon genggam atau komputer, tanpa perlu susah-susah datang ke kantor.
 
Izin online ini bisa dilakukan dalam tiga tahap, yakni pendaftaran, validasi, dan pembayaran. Warga Kota Bandung tak perlu menghabiskan waktu mengantre.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emil, panggilan Ridwan, mengatakan langkah tersebut merupakan reformasi birokrasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Bahkan, warga pun tidak perlu datang ke kantor dinas untuk mendapatkan izin.
 
"Yang paling istimewa dari layanan online ini adalah naskah izinnya nanti didelivery (dikirim) ke rumah," ujar Emil di Kantor Dinas Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), Jalan Cianjur, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/5/2015).
 
Perizinan online ini untuk menggerus praktik percaloan di jajaran pegawai negeri sipil Kota Bandung. "Jadi, tidak ada lagi pertemuan antara warga dengan PNS, sehingga tak akan lagi ada negosiasi. Ini juga akan memotong calo dan pungutan liar, tegas Emil.
 
Ia berharap aplikasi tersebut mempermudah warga Kota Bandung untuk mengurus izin. "Jadi, warga tidak perlu papanasan atau ngantre lama pas mau melakukan proses izin," pungkasnya.

 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif