Istilah Metaverse kian dikenal masyarakat sejak Facebook membahasnya di ajang Connect.
Istilah Metaverse kian dikenal masyarakat sejak Facebook membahasnya di ajang Connect.

Kaleidoskop Teknologi 2021

Facebook dan Metaverse

Teknologi media sosial facebook Kaleidoskop 2021 Kaleidoskop Teknologi
Lufthi Anggraeni • 30 Desember 2021 13:56
Jakarta: Metaverse mungkin bukan istilah baru di ranah teknologi, sebab metaverse merupakan istilah untuk jaringan dari dunia virtual 3D yang terfokus pada koneksi sosial. Istilah ini dikenal oleh masyarakat secara lebih luas saat Facebook mengumumkan keputusan untuk mengubah nama perusahaannya.
 
Sebagai informasi, Metaverse menandai transisi antarmuka lain, yang mempermudah penggunaan komputer. Masing-masing iterasi antarmuka berarti manusia menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menavigasikan komputer dan lebih banyak waktu untuk memanfaatkan kemampuan komputer.
 
Pada tanggal 28 Oktober lalu di ajang konferensi Connect, CEO Facebook Mark Zuckerberg memperkenalkan dunia pada babak baru untuk Facebook, yaitu Metaverse. Keputusan Facebook mengganti nama perusahaannya diyakini sejumlah pihak untuk membersihkan diri dari kontroversi yang selama beberapa tahun terakhir meliputinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satunya adalah laporan yang disampaikan oleh mantan manajer proyek Facebook Frances Haugen, yang mengundurkan diri dengan dokumentasi mengungkapkan informasi penting terkait dampak negatif Facebook terhadap masyarakat.
 
Dalam laporan penelitian tersebut, ditemukan bahwa Facebook mengubah algoritma pada platformnya, bertujuan untuk menyarankan konten baru di feed pengguna namun justru mempromosikan dan menyebarluaskan misinformasi, ujaran kebencian dan kekerasan.
 
Tidak hanya di Facebook, temuan ini juga didapati di Instagram, dan berdampak pada harga diri penggunanya, terutama generasi Z. Hal ini memicu kemarahan banyak pihak, karena hingga akhir 2021, Facebook dinilai berdiam diri dan tidak mengambil tindakan apapun.
 
Alih-alih mengumumkan langkah untuk menciptakan perubahan positif pada platformnya, Facebook memanfaatkan ajang konferensi Connect pada tanggal 28 Oktober 2021 untuk mengumumkan Metaverse.
 
Pada ajang konferensi tersebut, Zuckerberg mengungkap induk perusahaan Facebook akan mengusung nama Meta, sedangkan aplikasi media sosial Facebook tetap menggunakan nama yang sama.
 
Zuckerberg menyebut bahwa pihaknya ingin menambatkan pada hal yang tengah dikembangkannya, yaitu The Metaverse. Melangkah lebih jauh dari akarnya sebagai media sosial, Metaverse Facebook atau Meta merupakan lingkungan Virtual Reality dan Mixed Reality.
 
Lingkungan ini memungkinkan masyarakat untuk berinteraksi dengan dunia dan satu sama lain. Menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) yang dibuat oleh anak perusahaannya, Oculus, pengguna bisa bertemu dengan rekan dan keluarga, bahkan melakukan rapat dengan klien dan bekerja bersama.
 
Metaverse Zuckerberg ini dimulai dengan tiga fase, yaitu Horizon Home, Horizon Worlds, dan Horizon Workrooms. Horizon Home merupakan hub berbasis rumah virtual yang dapat diakses oleh rekan dan keluarga dalam pemanfaatan untuk berbagai aktivitas dan hiburan.
 
Sementara itu, Horizon Worlds merupakan aplikasi dunia terbuka yang memungkinkan pengguna terhubung secara luas dan membuat konten baru, sedangkan Horizon Worksroom merupakan metaverse untuk skenario penggunaan terkait rapat kantor dan kolaborasi soal pekerjaan.
 
Soal masa depan Metaverse, Zuckerberg menjelaskan bahwa pengguna akan dapat memindahkan avatar di lintas platform, membeli pakaian digital, melakukan pembelian, dan lainnya. Dan pada tahun 2021 ini, seluruh teknologi tersebut masih dalam proses pengembangan.
 
Namun Zuckerberg berjanji akan menghadirkan lebih banyak informasi soal produk Horizon pada tahun 2022 mendatang. Soal dampak penggunaan platform media sosial Facebook, perubahan belumlah signifikan.
 
Induk perusahaan Facebook mungkin saja telah berganti nama menjadi Meta, namun aplikasi Facebook tetap mengusung nama yang sama, sehingga dampak pada strategi media sosial penggunanya belum akan kentara.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif