Ilustrasi.
Ilustrasi.

Intel dan AMD Setop Pasokan Prosesor ke Rusia

Cahyandaru Kuncorojati • 01 Maret 2022 11:18
Jakarta: Sejumlah perusahaan atau industri memutuskan sementara kemitraan dengan Rusia, tidak terkecuali di sektor teknologi seperti Intel dan AMD. Kedua produsen semikonduktor atau prosesor ini dikabarkan menghentikan sementara pengiriman pasokan ke Rusia. 
 
Kabarnya keputusan ini diambil bukan lantaran Intel dan AMD tidak mendukung invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina melainkan keduanya mematuhi kebijakan Amerika Serikat sebagai basis lokasi perusahaannya.
 
Dikutip dari WCCF Tech, media lokal Rusia bernama RBC mengklaim bahwa AMD dan Intel menunda pengiriman produknya ke Rusia hingga waktu yang ditentukan. Kedua perusahaan mengambil keputusan ini setelah Rusia masuk dalam Entity List dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Entity List merupakan kebijakan yang dibuat untuk menerapkan sanksi perdagangan pada pemerintah (negara) maupun perusahaan yang berlawanan dengan kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat.
 
Entity List melarang penjualan produk asal Amerika Serikat maupun yang di dalamnya terdapat teknologi buatan negara tersebut untuk pasar Rusia terutama pihak pemerintah dan yang berafiliasi dengannya.
 
Tidak sampai situ, pihak Intel di Tiongkok yang bertetangga dengan Rusia juga disebut telah mendapatkan instruksi untuk tidak menyediakan permintaan pasokan untuk mereka. Asosiasi produsen perangkat elektronik dan developer di Rusia juga sudah menerima kabar ini.
 
Bukan cuma Intel dan AMD kabarnya Nvidia juga mengambil tindakan yang sama. TSMC atau Taiwan Semiconductor Manufacturing Company yang jadi manufaktur ketiga perusahaan juga diprediksi mengambil langkah yang sama karena mereka menggunakan teknologi buatan
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif