Google akan mengumumkan fitur Q&A dan Polling di Google Meet pada tanggal 8 Oktober mendatang.
Google akan mengumumkan fitur Q&A dan Polling di Google Meet pada tanggal 8 Oktober mendatang.

Fitur Baru Google Meet Mirip Zoom

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 07 Oktober 2020 16:02
Jakarta: Google dilaporkan akan meluncurkan dua fitur baru untuk Google Meet pada tanggal 8 Oktober mendatang. Fitur baru tersebut berupa kolom tanya jawab atau Q&A dan Polling untuk jajak pendapat, dan akan diluncurkan secara bertahap dalam kurun waktu 15 hari.
 
Namun, fitur ini akan tidak tersedia untuk semua pengguna, sebab hanya diperuntukan bagi pengguna G Suite Essentials, G Suite Business, G Suite Enterprise, dan G Suite Enterprise for Education. Sedangkan pengguna G Suite Basic, G Suite for Education dan G Suite Nonprofits tidak dapat menikmati fitur ini.
 
Melalui fitur Q&A, Google berharap dapat memudahkan murid untuk bertanya kepada guru saat kegiatan belajar via platform Meet berlangsung. Google menjelaskan bahwa fitur ini memungkinkan pertanyaan ditampung terlebih dahulu, sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar online.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu kolom pertanyaan pada fitur ini hanya dapat dibuat oleh pihak penyelenggara dan moderator pertemuan. Google juga menyebut bahwa pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengajukan pertanyaan serta berinteraksi dengan peserta lain via fitur upvoting.
 
Ajuan pertanyaan pada fitur upvoting ini disebut memungkinkan untuk meningkatkan rangking dari pertanyaan tersebut. Dengan demikian, moderator akan dapat memilih pertanyaan dengan rangking tertinggi atau paling relevan.
 
Dan saat pertemuan selesai, pihak penyelenggara akan secara otomatis menerima pertanyaan yang belum dipilih, untuk ditindaklanjuti. Sedangkan fitur polling memungkinkan pengguna melakukan pemungutan suara guna menentukan keputusan.
 
Fungsi fitur Polling ini termasuk untuk menentukan pemahaman peserta pertemuan terkait konten pembahasan, atau memerlukan pembahasan lebih lanjut sehingga pokok pembahasan tersampaikan dengan baik dan menyeluruh.
 
Sebagai informasi, fitur Q&A dan Polling telah sejak lama tersedia di layanan konferensi virtual pesaing Meet yaitu Zoom. Kedua fitur ini kembali diperkenalkan oleh layanan konferensi virtual yang tengah naik daun ini pada bulan Maret 2020.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif