Data yang dihimpun Exabyte menampilkan peningkatan pertumbuhan industri website selama tahun 2020.
Data yang dihimpun Exabyte menampilkan peningkatan pertumbuhan industri website selama tahun 2020.

Pandemi Dorong Pertumbuhan Industri Website

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 08 Oktober 2020 09:13
Jakarta: Teknologi kini telah menjadi bagian penting bagi kehidupan sehari-hari manusia, berkat kemudahan dan kecepatan akses yang dihadirkannya. Hal ini juga ditunjukan oleh hasil survei We Are Social dan HootSuite pada bulan Januari 2020 lalu.
 
Berdasarkan survei tersebut ditemukan bahwa pada tahun 2019 lalu, pengguna Internet Indonesia menghabiskan waktu untuk berselancar di ranah maya ini dengan waktu-rata-rata selama 7 jam 59 menit. Selain itu, survei juga menunjukan penetrasi pengguna internet mengalami peningkatan dari tahun 2019 ke 2020.
 
Pada kurun waktu tersebut, penetrasi internet dilaporkan mengalami peningkatan sebesar 17 persen atau sekitar 25 juta orang. Hal ini juga disebut menunjukan pertumbuhan industri website sebagai salah satu platform penting di internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertumbuhan industri ini di tiga negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura disebut meningkat seiring dengan peningkatan penetrasi tersebut. Data yang dihimpun Exabytes dari tiga negara tersebut mencatat peningkatan pertumbuhan industri website secara signifikan dari kuartal satu hingga kuartal dua 2020.
 
Untuk wilayah Indonesia, data yang dihimpun Exabyte Indonesia mencatat peningkatan pertumbuhan industri situs sebesar 9,4 persen dari kuartal satu hingga kuartal dua tahun 2020. Pertumbuhan ini juga tercatat pada peningkatan penjualan produk domain, hosting dan VPS.
 
Exabyte Indonesia menyebut bahwa peningkatan signifikan terjadi pada bulan Februari, meski kembali mengalami penurunan pada bulan Maret akibat pandemi Covid-19. Peningkatan ini kembali terjadi di kuartal kedua meski pandemi masih terjadi.
 
Peningkatan ini disebut Exabyte karena masyarakat mulai menyadari pentingnya transformasi digital. Pandemi juga disebut mendorong akselerasi digital dengan memanfaatkan dan mengadopsi teknologi digital yang ada.
 
“Memang ada peningkatan yang berbeda dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura. Sebenarnya, Indonesia dapat mengalami peningkatan yang lebih signifikan apabila literasi digital di Indonesia sudah lebih merata,” ujar Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan.
 
Indra menyebut pihaknya berupaya menghadirkan dukungan di bidang website untuk masyarakat Indonesia, salah satunya melalui program Website Untuk Semua. Program ini merupakan kampanye pembuatan website gratis untuk UMKM, lembaga non-profit dan lembaga pendidikan.
 
Dukungan lain juga dihadirkan via WebFest.Asia, acara yang disebut Exabyte dirancang khusus sebagai platform bagi pengembang web untuk bertukar insight menyoal perkembangan industri dan tren website di tiga negara di Asia Tenggara.
 
Acara ini juga disebut sebagai wadah kolaborasi pengembang dan komunitas website, berbagi berbagai topik, dari konten website, optimasi SEO, UI dan UX design web hingga pembuatan website untuk bisnis online. Acara ini akan dihelat secara online pada tanggal 27 Oktober hingga 29 Oktober 2020, dan diisi oleh lebih dari 30 pembicara dari tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif