Samsung mengumumkan ambisinya meniru sistem saraf otak manusia dalam perangkat memori.
Samsung mengumumkan ambisinya meniru sistem saraf otak manusia dalam perangkat memori.

Samsung Berambisi Sulap Otak Manusia Jadi Chip Memori

Teknologi gadget samsung
Lufthi Anggraeni • 28 September 2021 16:02
Jakarta: Insinyur Samsung di Korea Selatan dan ilmuwan Universitas Harvard Amerika Serikat mengumumkan ambisi mereka membangun otak manusia ke dalam chip memori. Ambisi ini dijelaskan pendekatan baru terkait hal ini dalam artikel di jurnal Nature Electronics.
 
Dalam artikel tersebut, ilmuwan dari kedua lembaga tersebut menjelaskan pendekatan baru untuk menciptakan perangkat memori yang diklaim lebih mampu meniru keunikan otak manusia. Selain itu, chip ini disebut akan memiliki lima ciri yang sama dengan otak manusia.
 
Kelima ciri tersebut yaitu irit energi, cepat belajar, mampu beradaptasi dengan lingkungan, otonom, dan memiliki kemampuan kognitif. Sementara itu dalam situs resmi perusahaan, Samsung mengakui bahwa pendekatan tersebut ambisius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Samsung advanced Institute of Technology dan dosen di Universitas Harvard Ham Don-hee menyebut bahwa pendekatan ini merupakan upaya untuk mencapai tujuan heroik, serta meyakininya akan mampu mendobrak batas kecerdasan mesin, ilmu saraf, dan teknologi semikonduktor.
 
Sementara itu, inti dari visi yang diusung ilmuwan ini adalah menyalin atau merekam sel saraf serta cabang halus otak manusia menggunakan teknologi larik sensor nano-elektroda. Kemudian, ilmuwan berencana untuk menempelkan peta neuron tersebut ke jejaring tiga dimensi, terdiri dari perangkat penyimpanan memori solid-state berkepadatan tinggi seperti hard disk.
 
Pengakuan sebagai visi ambisius ini dilandasi oleh kerumitan sel saraf yang dimiliki oleh otak manusia. Sebagai informasi, manusia memiliki sekitar 100 miliar neuron atau sel saraf, serta sinapsis yang berfungsi sebagai penghubung antar sel saraf, dengan jumlah mencapai 10 kuadriliun.
 
Karenanya, Samsung memprediksi untuk membangun ulang otak manusia di dalam chip memori, membutuhkan sekitar 100 triliun memori. Sayangnya, Samsung masih enggan berbagi informasi terkait cara yang akan ditempuhnya untuk mewujudkan ambisi ini, serta waktu ambisi tersebut menjadi nyata.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif