Ilustrasi.
Ilustrasi.

Nvidia Mau Rilis Kartu Grafis GeForce RTX 4000 Series Tahun Depan?

Cahyandaru Kuncorojati • 09 November 2021 10:24
Jakarta: Kartu grafis produksi Nvidia yaitu seri GeForce RTX 30 atau RTX 3000 Series masih langka di pasar, kalau Anda menemukannya dipastikan harganya bisa jauh lebih mahal dari harga normal. Hal ini disebabkan dampak kelangkaan semikonduktor dan tren cryptomining.
 
Apabila Anda masih berharap untuk bisa mendapatkan kartu grafis tersebut mungkin sebaiknya menunggu hingga tahun depan atau menantikan seri generasi terbaru hadir di pasar. Nvidia dikabarkan sudah menyiapkan kartu grafis generasi terbaru untuk tahun 2022.
 
Informasi yang masih berupa rumor tersebut memang masuk di akal. Nvidia dan sejumlah produsen hardware memang selalu merilis produk baru tiap tahun, contohnya Intel, meskipun kendala kelangkaan semikonduktor masih melanda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kini sebuah bocoran menyebutkan Nvidia berencana merilis kartu grafis seri GeForce RTX 40 atau RTX 4000 Series untuk tahun 2022, dikutip dari situs PC GamesN.
 
Akun Twitter @Greymon55 yang merupakan hardware leaker menyebutkan bahwa kartu grafis generasi terbaru ini akan memiliki performa dua kali lipat tapi juga konsumsi daya dua kali lebih besar.
 
Kondisi teknis tersebut tampaknya memang tidak bisa dihindari. Performa yang lebih besar membutuhkan konsumsi daya lebih besar dari perangkat power supply unit sekaligus sistem pendingin lebih baik. Jadi penggunanya dipastikan harus melakukan upgrade spesifikasi PC.
 
Kehadirannya diprediksi bakal ikut mendorong kebutuhan jenis power connector yang baru untuk bisa menghantarkan daya lebih besar yaitu PCIe Gen5. Hal ini memang sudah ditandai lewat dukungan yang ada di seri PSU terbaru, misalnya Asus ROG Thor Titanium dan Platinum II.
 
Apabila bocoran ini benar, kemungkinan Nvidia juga akan merilis seri baru atau versi refresh dari keluarga kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2000 maupun RTX 3000 untuk mengisi gap segmen yang muncul dari generasi terbaru.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif