WhatsApp Kembangkan Aplikasi Bisnis Spesial Windows 10 Mobile

Lufthi Anggraeni 09 April 2018 11:05 WIB
whatsapp
WhatsApp Kembangkan Aplikasi Bisnis Spesial Windows 10 Mobile
WhatApp dilaporkan tengah mengembangkan dan segera merilis WhatsApp Business untuk WIndows 10 Mobile.
Jakarta: WhatsApp tengah mengembangkan aplikasi bisnis baru untuk Windows 10 Mobile. Pada awal tahun ini, WhatApp memperkenalkan aplikasi WhatsApp Business baru untuk Android, memungkinkan perusahaan besar dan kecil memanfaatkan basis pengguna aplikasinya.

Selain itu, kehadiran aplikasi WhatsApp Business ini juga untuk menyederhanakan proses komunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya. Namun sejak diluncurkan, layanan pesan ini gagal memperkenalkan aplikasi pada platform lain, meski akan segera berubah.

Berdasarkan gambar screenshot yang beredar, WhatsApp tengah mendalami proses pengembangan varian Windows 10 Mobile dari aplikasi bisnis tersebut, berbekal sejumlah aplikasi unik. Sejumlah fitur tersebut yaitu kehadiran lencana, dan kemampuan menyematkan informasi detil pada profil.


Sejumlah informasi detil tersebut termasuk alamat email serta kategori bisnis. Selain itu serupa varian Android, deskripsi singkat juga dapat ditambahkan beserta tautan lokasi dan situs. Versi aplikasi ini juga akan didukung ruang untuk nomor kantor serta fitur otomisasi pesan dan waktu operasional bisnis.

Di sisi desain, seperti aplikasi WhatsApp versi Windows 10 Mobile reguler, versi bisnis ini juga hadir dengan antarmuka pengguna dengan tema warna gelap. Menyoal biaya, platform pesan yang dimiliki Facebook ini menyatakan bahwa aplikasinya tetap ditawarkan gratis untuk bisnis berskala kecil.

Untuk bisnis berskala besar, perusahaan dapat membayarkan biaya untuk dapat menerima fitur tambahan guna membantu menangani basis pelanggan lebih besar. WhatsApp belum memberikan komentar resmi terkait aplikasi Windows 10 Mobile selanjutnya, namun diperkirakan segera rilis.

Untuk pengguna iOS, belum tersedia informasi terkait waktu ketersediaan aplikasi bisnis WhatsApp ini. Sebelumnya, menanggapi skandal yang dihadapi Facebook terkait Cambridge Analytica, salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton, membuat cuitan yang menyebutkan bahwa sudah waktunya akun Facebook dihapus.

Selain itu, WhatsApp setuju berhenti berbagi data dengan perusahaan induknya, Facebook, sampai mereka berdua bisa menemukan cara berbagi data yang tidak melanggar Regulasi Perlindungan Data Umum (GDPR) yang akan Uni Eropa sahkan.

WhatsApp dilaporkan siap menggulirkan update untuk WhatsApp Beta versi Windows Phone, dalam versi 2.18.30. Pada versi ini, WhatsApp mempersiapkan sejumlah fitur baru, salah satunya adalah Live Location. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi lokasi dengan pengguna lain dalan kurun waktu tertentu.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.