Namun, seiring dengan meningkatnya kekhawatiran akan penyalahgunaan data pribadi pengguna yang dikumpulkan Facebook, banyak pengguna yang menunjukkan ketertarikan akan Facebook berbayar yang bebas dari iklan. Zuckerberg tampaknya terbuka dengan ide tersebut.
Dalam kesaksian di hadapan Komite Senat Kehakiman dan Perdagangan, Zuckerberg mengimplikasikan bahwa ada kemungkinan Facebook akan membuat versi berbayar. Topik ini datang dari Senator Utah, Orrin Hatch yang pernah bertemu dengan Zuckerberg pada 2010.
"Ketika itu, Anda bilang Facebook akan tetap gratis selamanya," kata Hatch pada Zuckerberg. "Apa ini masih jadi tujuan Anda?"
"Senator, ya," kata Zuckerberg. "Versi gratis dari Facebook akan selalu ada. Misi kami adalah untuk membantu semua orang terhubung dan membuat semua orang menjadi lebih dekat dengan satu sama lain. Untuk melakukan itu, kami percaya, kami harus memberikan layanan yang bisa digunakan oleh semua orang."
Seperti yang disebutkan oleh The Verge, dengan menyebutkan bahwa ada versi gratis dari Facebook, Zuckerberg mengimplikasikan bahwa dia terbuka dengna ide versi berbayar tanpa iklan, yang sudah disarankan oleh banyak orang.
Memang, jika ingin mengimplementasikan sistem itu, Facebook harus menghadapi masalah serius. Namun, sistem berbayar bisa jadi jawaban atas kekhawatiran penyalahgunaan data pengguna.
Ketika COO Facebook Sheryl Sandberg ditanyai tentang versi berbayar Facebook, dia menawarkan jawaban yang lebih ambigu dari Zuckerberg.
"Bisakah Anda membuat sebuah alat dengan nama 'Saya tidak mau Facebook menggunakan data pribadi saya untuk memberikan iklan tertarget'," tanya Savannah Guthrie dari Today pada hari Sabtu. "Bisakah Anda membuat tombol untuk menghindari iklan?"
"Kami punya berbagai jenis penghindaran iklan. Tapi kami tidak punya pilihan untuk menghindari iklan pada level tertinggi," kata Sandberg. "Itu akan menjadi produk berbayar."
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News