iPhone.
iPhone.

Suplai Terganggu Pandemi, Apple Mau Produksi di Luar Tiongkok

Cahyandaru Kuncorojati • 22 Mei 2022 10:10
Jakarta: Kondisi pandemi COVID-19 masih berlangsung di Tiongkok, padahal negara ini jadi pusat produksi yang diandalkan Apple. Kini dilaporkan bahwa Apple ingin pusat produksi di luar Tiongkok untuk bisa meningkatkan kapasitas produksinya untuk memenuhi permintaan pasar.
 
India dan Vietnam disebut sebagai dua cabang produksi gadget Apple yang akan membantu menyediakan permintaan pasar global. Padahal lebih dari 90 persen produk Apple untuk pasar global dibuat di Tiongkok.
 
Dikutip dari CNET, keputusan ini didorong oleh kondisi lockdown pandemi COVID-19 di Tiongkok yang masih berlangsung hingga saat ini. Data Reuters yang dikutip dari CNET mengklaim hal tersebut bisa menyebabkan kurangnya ketersediaan produk iPhone di pasaar hingga jutaan unit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketertarikan Apple untuk terus mengandalkan pusat produksi di Tiongkok disebut karena biaya pekerja yang murah tapi terampil, ekosistem industri yang lengkap, dan Tiongkok sendiri merupakan pasar gadget yang besar.
 
India dilirik sebagai alternatif karena memiliki sifat yang sama, populasi yang besar dengan upah pekerja yang murah. Apple sendiri sudah memproduksi iPhone 13 dengan mengandalkan fasilitas produksi di India.
 
Apple masih mengandalkan Foxconn untuk menghubungkan mereka dengan kontraktor di India. Foxconn diketahui memiliki pusat produksi iPhone di India pada kawasan Chennai. Makanya Apple sangat populer di India, tidak cuma smartphone merek Tiongkok.
 
India dianggap sebagai pasar smartphone yang serupa dengan Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan peluncuran produk smartphone di antara dua negara ini yang kerap berbarengan atau memiliki selisih waktu tidak terlalu jauh.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif