Ilustrasi. (Telkomsel)
Ilustrasi. (Telkomsel)

Telkomsel Mulai Tinggalkan 3G, Upgrade Semua Layanan ke 4G

Teknologi Telkomsel telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Januari 2022 16:41
Jakarta: Hadirnya 5G di Indonesia secara bertahap mendorong komitmen untuk membawa 4G merata ke seluruh pelosok Indonesia, sesuai arahan pemerintah. Telkomsel sebagai salah satu operator seluler terbesar kini perlahan mulai meninggalkan 3G.
 
Informasi terbaru yang dibagikan Telkomsel menyatakan bahwa mereka secara bertahap melakukan upgrade seluruh layanan 3G ke 4G di sepanjang tahun 2022.
 
Langkah ini diklaim sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk pengkajian penghapusan layanan 3G.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sebagai kelanjutan komitmen kami selaku leading digital telecommunication company, untuk terus membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.
 
“Kami harap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi digital lintas sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi digital nasional ke depan,” jelasnya.
 
Telkomsel mengklaim langkah yang diambil akan tetap mempertimbangkan kesiapan infrastruktur dan migrasi layanan hingga kualitas layanan yang diterima masyarakat pada setiap daerah.
 
“Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur,” tutur Direktur Network Telkomsel, Nugroho.
 
Nugroho menjelaskan bahwa penggunaan 4G/LTE untuk pelanggan ritel (B2C) dapayt menyediakan pengalaman aktivitas digital yang lebih baik dibandingkan saat di jaringan 3G.
 
Makanya proses upgrading layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur ini juga akan diprioritaskan percepatannya di wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.
 
Telkomsel juga menyiapkan kemudahan bagi pelanggan untuk percepatan migrasi layanan. Telkomsel memberikan ragam pilihan saluran bagi pelanggan dalam melakukan upgrade kartu SIM non 4G ke  uSIM 4G, baik secara online maupun offline yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif