foto: AWS
foto: AWS

AWS Gelar DeepRacer Women’s League di Asia Tenggara

Teknologi teknologi amazon corporate transformasi digital
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Juli 2020 10:09
Jakarta: Amazon Web Services AWS DeepRacer Women’s League pertama di dunia untuk kawasan Asia Tenggara.
 
Liga ini diklaim bertujuan mendukung perempuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand untuk berpartisipasi di sektor teknologi lewat pengembangan kemahiran di bidang machine learning.
 
AWS DeepRacer Women’s League menampilkan pula kejuaraan balap menggunakan miniatur mobil yang sepenuhnya otonom dan telah disuntik dengan teknologi reinforcement learning.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Balap virtual ini terbuka untuk diikuti oleh partisipan yang belum memiliki pengetahuan ML sebelumnya atau mereka yang sekadar ingin bereksperimen dengan ML untuk pertama kalinya.
 
AWS DeepRacer Women’s League menjadi ajang baru bagi siswi dari sekolah vokasional, politeknik, maupun universitas untuk mendalami teknologi ML, melalui digelarnya latihan dan kejuaraan adu mobil otonom AWS DeepRacer di atas lintasan simulasi.
 
AWS DeepRacer sendiri merupakan mobil balap miniatur dengan skala 1:18 yang dilengkapi dengan teknologi cloud dan digerakkan oleh teknologi reinforcement learning (RL), yaitu teknik machine learning yang sangat cocok untuk pembelajaran algoritma kendaraan swakemudi.
 
Peserta juga diberi kesempatan mengakses AWS Educate, program global Amazon yang menyediakan sumber daya yang komprehensif untuk memperkaya kecakapan mereka di bidang cloud secara gratis.
 
Peserta juga dapat mendaftar di AWS Educate’s Machine Learning Pathway untuk mendalami AI, ML, dan deep learning, serta mempelajari bagaimana teknologi dapat digunakan sebagai kunci dalam berinovasi dan menciptakan solusi atas berbagai permasalahan di dunia nyata, mulai dari natural language processing, mobil swakemudi, data mining, hingga di bidang ilmu kedokteran.
 
“Di AWS, kami paham betul akan pentingnya membangun tenaga kerja yang inklusif dan multitalenta agar organisasi dapat terus berinovasi, bertumbuh, dan berkembang,” tutur Tan Lee Chew, Managing Director for ASEAN, Worldwide Public Sector, Amazon Web Services.
 
“Menjadi pelopor digelarnya AWS DeepRacer League pertama yang diperuntukkan secara khusus bagi perempuan merupakan langkah kami untuk membuka kesempatan pelajar-pelajar perempuan untuk mengasah kepiawaian mereka di bidang teknologi cloud mutakhir.”
 
Kejuaraan virtual AWS DeepRacer Women’s league resmi dimulai pada tanggal 1 Agustus di Thailand, menyusul kemudian pada tanggal 8 Agustus di Malaysia, tanggal 15 Agustus di Indonesia, tanggal 22 Agustus di Filipina, dan terakhir akan menyambangi Singapura pada tanggal 29 Agustus.
 
Peringkat lima teratas akan memenangkan AWS promotional credits senilai masing-masing USD300 dan juara pertama hingga ketiga akan membawa pulang piala. Ketiga juara dari setiap negara akan maju ke babak grand finale untuk bersaing dengan sesama pemenang dari Asia Tenggara lainnya.
 
Babak grand finale ini akan diselenggarakan pada bulan September dan para juara berpeluang memenangkan AWS promotional credits senilai masing-masing USD300, monitor, serta piala. 
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif