Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Aplikasi Zoom dan TikTok Paling Sering Diakses Selama Pandemi

Teknologi media sosial aplikasi tiktok zoom
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Juli 2020 21:36
Jakarta: Selama pandemi Covid-19 berlangsung, ternyata smartphone semakin sering diandalkan untuk mengakses beragam aplikasi. Hal ini bisa dilihat berdasarkan jumlah unduhan dan waktu yang dihabiskan di aplikasi smartphone.
 
Riset tersebut dilakukan oleh firma App Annie yang dikenal menyajikan insight atau pengetahuan mengenai kebiasaan pengguna smartphone dan aplikasi terpopuler. Menariknya untuk data di kuartal kedua tahun ini (Q2 2020) ternyata aplikasi Zoom dan TikTok menjadi yang paling populer.
 
"Seiring dengan banyaknya pegawai yang bekerja dari rumah, kami melihat angka permintaan tinggi terhadap tool untuk menghubungan orang-orang dan mempermudah kolaborasi," sebut App Annie dalam pernyataan resmi yang dibagikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aplikasi Zoom dan TikTok Paling Sering Diakses Selama Pandemi
 
App Annie mencatat bahwa waktu rata-rata bulanan yang dihabiskan untuk aplikasi mobile meningkat signifikan di kuartal kedua tahun ini dibandingkan kuartal yang sama di tahun lalu. Di Indonesia pertumbuhannya meingkat 25 persen untuk aplikasi mobile non-game.
 
Pola peningkatan waktu yang digunakan untuk mengakses aplikasi mobile non-game tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga global di periode yang sama. Misalnya di Italia, kenaikan rata-rata bulanannya naik hingga 15 persen.
 
Amerika Serikat dan India bahkan lebih tinggi lagi dengan peningkatan masing-masing 30 persen dan 35 persen. Secara keseluruhanatau global, peningkatan rata-rata waktu pemakaian aplikasi mobile non-game memingkat sebesar 40 persen di kuarta kedua 2020 secara Year-on-Year.
 
Aplikasi Zoom dan TikTok Paling Sering Diakses Selama Pandemi
 
"Peningkatan penggunaan ini didorong oleh social distancing dan lockdown yang dilakukan di seluruh belahan dunia untuk meredam penyebaran pandemi virus korona," tulis pihak App Annie.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif