Verizon menjual Tumblr kepada pemilik WordPress, yaitu Automattic Inc.
Verizon menjual Tumblr kepada pemilik WordPress, yaitu Automattic Inc.

Verizon Jual Tumblr ke Pemilik WordPress

Teknologi tumblr
Lufthi Anggraeni • 14 Agustus 2019 15:23
Jakarta: Verizon menandatangani kesepakatan untuk menjual Tumblr ke perusahaan pemilik WordPress, Automattic Inc., dengan nilai yang tidak diumumkan. Verizon mengakuisisi Tumblr pada tahun 2017 lalu setelah membeli Yahoo.
 
Salah satu operator seluler besar di Amerika Serikat ini dilaporkan The Wall Street Journal mulai memasarkan penjualan Tumblr sejak awal tahun 2019. Automattic Inc. dilaporkan membeli Tumblr dengan nilai kurang dari USD3 juta (Rp42,7 miliar).
 
Nilai tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai yang dikeluarkan Verizon untuk mengakuisisi Yahoo pada tahun 2013 lalu, sebesar USD1,1 miliar (Rp15,6 triliun). Penyerahan Tumblr kepada Automattic Inc. dinilai Verizon akan mampu membantu jejaring sosial tersebut mengeksplorasi kemampuan dan peluang baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tumblr pernah menjadi salah satu jejaring sosial populer di kalangan masyarakat, mendorong mereka untuk mulai membuat blog dan berbagi cerita serta tulisan di ranah media sosial. Namun Tumblr menjadi kurang populer saat berada di bawah naungan Yahoo, dan nasibnya tidak berubah setelah dinaungi Verizon.
 
Sementara itu, platform seperti Instagram, Snapchat dan YouTube mengisi celah yang diciptakan oleh penurunan popularitas Tumblr ini, kemudian menjadi kian populer dan dicintai oleh masyarakat. Namun saat ini, Tumblr masih memiliki pengguna dan komunitas setia di seluruh dunia.
 
Kepemimpinan Verizon kian kentara saat perusahaan telekomunikasi ini memutuskan untuk melarang peredaran konten dewasa di platform tersebut pada bulan Desember 2018 lalu.
 
Tumblr juga sempat menjadi platform aman bagi penganut LGBTQ untuk bereksplorasi dan mengekspresikan seksualitas mereka dan menemukan komunitas online guna saling berbagi minat.
 
Keputusan Verizon melarang peredaran seluruh konten dewasa memicu aksi boikot oleh sebagian besar penggunanya, dan larangan ini berdampak pada pengucilan basis pengguna Tumblr dalam porsi signifikan..
 
Hingga berpindah tangan dari Verizon, maupun pemilik baru Tumblr, Automattic Inc., mengaku belum berencana untuk mencabut kebijakan ini dan bertahan pada keputusan tersebut, seperti yang disampaikan CEO Automattic Inc. Matt Mullenweg.
 
Mullenweg menyebut bahwa Tumblr akan bertindak sebagai pelengkap dari layanan yang dimilikinya, yaitu WordPress. Tumblr diperkirakan akan berfungsi sebagai layanan berbagi untuk konten dari WordPress.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif