Apple memiliki versi baru untuk platform AR miliknya, disebut dengan nama ARKit 3.0.
Apple memiliki versi baru untuk platform AR miliknya, disebut dengan nama ARKit 3.0.

Microsoft Umumkan Minecraft AR di Apple WWDC

Teknologi apple microsoft
Lufthi Anggraeni • 04 Juni 2019 13:48
Jakarta: Apple memamerkan platform Augmented Reality (AR) versi update di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC). Apple memiliki versi baru untuk platform AR miliknya, disebut dengan nama ARKit 3.0.
 
Di saat bersamaan, VentureBeat menampilkan cara yang diaplikasikannya untuk menghadirkan Minecraft di dunia nyata dengan menggunakan fitur baru. Microsoft memamerkan cara yang dapat digunakan pengguna pada iPhone untuk menambahkan lapisan dari animasi AR pada tempat kejadian di Minecraft Earth.
 
Dengan cara ini, pengguna akan dapat menambahkan diri mereka ke dalam ruang 3D tempat kejadian di Minecraft. Apple telah menjadi pendukung setia untuk teknologi yang menggabungkan dunia buatan dan dunia nyata ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada tahun lalu, Apple memamerkan game bertajuk Swift Shot, diberikan secara gratis kepada pengembang, untuk mendemonstrasikan aplikasi yang menggunakan ARKit 2.0.
 
Kini Apple menambahkan kemampuan untuk menyematkan manusia, artinya ARKit 3.0 dapat menyematkan manusia sesungguhnya pada animasi di tempat kejadian 3D.
 
Jika terhalang manusia, maka animasi ini akan secara otomatis menyembunyikan bagian tubuh manusia yang terhalang secara langsung. Apple juga menambahkan kemampuan merekam gerakan, memungkinkan iPhone untuk memotret tubuh manusia untuk ditambahkan ke tempat kejadian AR.
 
Selain itu, foto dan rekaman gerakan tubuh tersebut juga akan dimanipulasi sebagai objek animasi yang dapat bergerak. Karenanya, kini lebih mudah untuk membangun pengalaman AR interaktif, dan pengguna dapat menggunakannya sebagai perpustakaan konten AR terintegrasi.
 
Apple menyebut bahwa ARKit 3.0, RealityKit dan alat Reality Composer akan mempermudah pengembang untuk menciptakan pengalaman AR menarik. Pengembang dan pengguna dapat menciptakannya di Xcode, atau menggunakan alat kreasi AR pada iOS.
 
Sehingga pengguna dapat mengetahui tampilan produk akhir dengan menciptakannya di dalam platform yang sama. Apple juga menyebut bahwa animasi AR kini akan ditingkatkan dengan integrasi rendering photorealistic, efek kamera dan lingkungan, animasi, fisika, audio, dan Swift API.
 
Sementara itu setelah investasi berjangka waktu panjang, Apple masih belum siap untuk memamerkan perangkat keras AR yang telah lama dirumorkan. Apple mengumumkan ARKit di ajang WWDC 2017 dan mendistribusikannya pada bulan September 2017 lalu.
 
Apple menggulirkan sekitar 1,5 update pada musim semi, berbekal peningkatan terkait cara platform memetakan lingkungan pengguna.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif