Telkomsel mengklaim hal ini sebagai salah satu perwujudan semangat Telkomsel mendorong upaya upaya peningkatan inklusivitas pada operasional titik layanan pelanggan.
Langkah ini juga diklaim wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengimplementasikan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) yang berkelanjutan terutama di lingkup sosial.
Data terbaru Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI menyebut ada sekitar 22,97 juta atau sekitar 8,5 persen dari jumlah penduduk Indonesia merupakan penyandang disabilitas.
“Hal tersebut mendorong pentingnya komitmen seluruh elemen bangsa untuk menghadirkan aksesibilitas yang sesuai bagi penyandang disabiltas,” ungkap Direktur Sales Telkomse, Adiwinahyu Basuki Sigit.
“Untuk itu, bersamaan dengan peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional yang biasa diperingati setiap 23 September, serta sebagai bagian dari upaya dalam memperkuat aspek keadilan dan persamaan hak kepada penyandang disabilitas untuk mendapatkan pengalaman yang setara,” tuturnya.
Saat ini 19 titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan siap melayani kebutuhan teman disabilias tersebut antara lain GraPARI Kotabumi (Lampung), GraPARI Wolter Monginsidi (Lampung), GraPARI Kalianda (Lampung), dan GraPARI TelkomGroup Pangkal Pinang (Kepulauan Bangka Belitung).
Selanjutnya di GraPARI TelkomGroup Palembang (Sumatera Selatan), GraPARI TelkomGroup Medan (Sumatera Utara), GraPARI Ciputat (Banten), GraPARI Serang (Banten), dan GraPARI Summarecon Mall (Banten) serta GraPARI BSD (Banten).
Kemudian GraPARI ITC Depok (Jawa Barat), GraPARI Mall Kota Kasablanka (DKI Jakarta), GraPARI Bintaro Xchange (DKI Jakarta), GraPARI Cijantung (DKI Jakarta), GraPARI Boyolali (Jawa Tengah), GraPARI Probolinggo (Jawa Timur), dan GraPARI Renon Denpasar (Bali).
Terakhir adalah GraPARI Tarakan (Kalimantan Timur), dan GraPARI Plasa Maros (Sulawesi Selatan). Telkomsel mengklaim akan terus memperluas inisiatif ini secara bertahap di lebih banyak titik layanan seluruh Indonesia.
Telkomsel berkolaborasi dengan Silang.id sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang inovasi digital untuk membangun ekosistem inklusif bagi teman tuli, dengan memberikan Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada para petugas layanan Telkomsel.
Melalui pelatihan tersebut, para petugas layanan Telkomsel memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat yang dapat memudahkan komunikasi Teman Tuli untuk berinteraksi dengan petugas layanan GraPARI untuk dapat memberikan bantuan dan solusi
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id