Facebook, WhatsApp, dan Instagram tak bisa dibuka kemarin. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / JUSTIN SULLIVAN)
Facebook, WhatsApp, dan Instagram tak bisa dibuka kemarin. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / JUSTIN SULLIVAN)

Facebook Jelaskan Alasan Layanannya tak Bisa Dibuka Kemarin

Teknologi media sosial facebook instagram whatsapp
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 Maret 2019 11:44
Jakarta:Facebook dan Instagram tidak bisa dibuka kemarin. Menurut Facebook, penyebab masalah itu adalah adanya perubahan pada konfigurasi server.
 
Facebook mengatakan, masalah ini telah diperbaiki dan kini, semua layanan mereka bisa kembali diakses. "Kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan dan kami menghargai kesabaran semua orang," kata Facebook, seperti yang dikutip dari Engadget.
 
Selain Facebook, Instagram dan WhatsApp juga mengalami masalah kemarin. Menurut CNN, masalah ini berlangsung selama hampir 14 jam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


DownDetector, situs yang memungkinkan pengguna untuk melaporkan ketika ada situs yang bermasalah, mendapatkan laporan pertama tentang Facebook tak bisa dibuka pada 13 Maret pukul 12.01 siang ET atau pukul 11 malam WIB.
 
Setiap jam, situs itu juga mendapatkan ribuan laporan dari pengguna berbagai layanan Facebook di seluruh dunia. Puncaknya, pada 13 Maret pukul 9 malam ET (tanggal 14 Maret pukul 7 pagi WIB), laporan pengguna mencapai lebih dari 12 ribu.
 
Facebook mengakui masalah ini pada hari Rabu sore waktu Amerika Serikat. Mereka membuat sebuah kicauan, mengatakan bahwa memang ada sebagian pengguna yang mengalami masalah untuk mengakses aplikasi-aplikasi di bawah Facebook.
 
Muncul dugaan bahwa masalah ini terjadi karena serangan Distributed Denial of Service (DDoS). Namun, Facebook dengan cepat membantah hal ini.Facebook jarang mengalami masalah. Meskipun begitu, ini adalah kali kedua Facebook tidak bisa diakses oleh para penggunanya.
 
Pada November, Facebook mengalami masalah serupa. Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak bisa diakses oleh sebagian pengguna. Ketika itu, Facebook menyebutkan penyebab masalah itu adalah karena mereka tengah melakukan pengujian rutin.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif