Persaingan antara Apple Music dan Spotify semakin menarik dan sulit menentukan kesuksesannya.
Persaingan antara Apple Music dan Spotify semakin menarik dan sulit menentukan kesuksesannya.

Persaingan Apple Music dan Spotify Makin Ketat

Lufthi Anggraeni • 09 April 2019 14:51
Jakarta: Persaingan di ranah layanan musik streaming semakin menarik, sebab metrik yang digunakan untuk menentukan kesuksesan layanan ini cukup rumit. Hal ini juga berlaku pada prestasi Apple Music yang telah melampaui jumlah pengguna berbayar Spotify.
 
Prestasi ini belum memiliki arti tertentu bagi kedua perusahaan tersebut, namun prestasi ini mengukuhkan Apple Music menjadi pemain utama di ranah layanan musik streaming. Pada bulan Februari lalu, Apple Music melampaui Spotify dalam hal pengguna berbayar di Amerika Serikat.
 
Apple Music memiliki 28 juta pengguna berbayar di Amerika Serikat, sedangkan Spotify memiliki sebanyak 26 juta pengguna berbayar di wilayah yang sama. Apple Music juga mengalami pertumbuhan lebih cepat jika dibandingkan dengan Spotify, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Namun, Apple tidak memiliki pelanggan versi gratis, sehingga 28 juta pelanggan yang dimilikinya tersebut merupakan pengguna Apple Music secara keseluruhan di wilayah Amerika Serikat. Sebab Apple Music hanya menawarkan pelanggan masa percobaan selama tiga bulan, sebelum mengharuskan mereka untuk membayar.
 
Sementara itu, Spotify menawarkan versi gratis dengan dukungan iklan, sehingga jumlah pengguna Spotify lebih banyak jika dibandingkan dengan Apple Music di wilayah Amerika Serikat. Namun, versi gratis ini tidak menghasilkan banyak keuntungan untuk Spotify, meski dilaporkan mengalami peningkatan.
 
Untuk pasar global, Spotify memiliki jumlah pengguna berbayar hampir dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan Apple Music. Menurut data bulan Desember lalu, Spotify memiliki jumlah pengguna sebanyak 98 juta pengguna, sedangkan Apple Music sebanyak 50 juta.
 
Selisih jumlah pengguna antara dua layanan streaming musik ini semakin besar jika mencakup pengguna versi gratis Spotify, dengan jumlah pengguna layanan streaming musik asal Swedia ini secara keseluruhan sebanyak lebih dari 200 juta.
 
Namun, streaming menjadi bisnis layanan utama dan satu-satunya untuk Spotify, sedangkan Apple Music merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh Apple. Sehingga semakin sulit untuk menentukan kesuksesan dari kedua layanan musik ini.
 
Sebelumnya, Spotify dilaporkan menguji paket langganan baru yang disebut Premium Duo. Seperti namanya, paket ini menawarkan langganan berbayar untuk dua orang dengan harga yang lebih murah. Di Eropa, harga Premium Duo adalah EUR12.49 per bulan.
 
Spotify juga mengumumkan akuisisi terbarunya, terkait dengan perusahaan podcast bernama Parcast. Parcast menjadi perusahaan podcast ketiga yang diakuisisi oleh Spotify dalam dua bulan terakhir.
 
Akuisisi ini ditujukan untuk membantu Spotify mendorong platform streaming musik karyanya sebagai hub untuk podcast, dan dilaporkan bukan sebagai platform pesaing Apple Podcast. Sementara itu, Apple dilaporkan membajak salah satu peneliti AI terbaik Google.
 
Peneliti tersebut bernama  Ian Goodfellow, merupakan salah satu peneliti paling ternama di industri kecerdasan buatan. Sebelum ini, Goodfellow pernah bekerja untuk Google sebelum pindah ke OpenAI yang didanai oleh Elon Musk.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan