Qualcomm siapkan dana untuk startup AI.
Qualcomm siapkan dana untuk startup AI.

Qualcomm Sediakan Rp1,4 Triliun untuk Startup AI

Teknologi qualcomm kecerdasan buatan
Ellavie Ichlasa Amalia • 29 November 2018 15:13
Jakarta:Qualcomm Ventures, divisi modal ventura dari Qualcomm, berencana menanamkan investasi sebesar USD100 juta (Rp1,4 triliun) di startup yang mengembangkan kecerdasan buatan.
 
Secara spesifik, Qualcomm berkata bahwa mereka akan menyiapkan modal untuk startup yang mengembangkan kecerdasan buatan pada perangkat, yang berarti AI itu akan langsung tertanam pada produk, seperti smartphone atau mobil, bukan ada pada cloud.
 
Investment Director Qualcomm, Albert Wang mengatakan, AI pada perangkat akan menjadi tren di masa depan. "Kemampuan pemprosesan AI kini memerlukan daya komputasi besar," kata Wang pada TechCrunch.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika Anda menggunakan Alexa, tidak ada perintah yang diproses pada perangkat Anda. Perintah Anda diproses di cloud. Namun, ada beberapa masalah dengan sistem ini -- performa bisa menurun, ini memakan bandwidth besar dan masalah privasi.
 
"Bayangkan jika Anda punya Alexa yang lebih privat dan lebih ramah pengguna, ketika Anda menanyakan sesuatu dan bisa mendapatkan jawabannya saat itu juga. Pertanyaan itu tidak perlu diproses di cloud."
 
Sebelum ini, Qualcomm telah menanamkan modal di berbagai startup yang mengembangkan AI. Salah satunya SenseTime, perusahaan Tiongkok yang mengembangkan sistem pengenalan wajah, dan Cruise, perusahaan yang mengembangkan teknologi mobil otonom berbasis AI dan akhirnya diakuisisi General Motors.
 
Qualcomm pertama kali menanamkan investasi AI di AnyVision, startup yang bermarkas di Tel Aviv dan mengembangkan teknologi pengenalan wajah, bodi, dan objek. Qualcomm ikut serta dalam pengumpulan dana seri A sebesar USD28 juta (Rp402 miliar) yang dipimpin Bosch pada Juli.
 
Divisi modal ventura perusahaan biasanya memberikan dana pada sekitar 12 sampai 15 startup setiap tahun. Terkait pendanaan AI ini, masih belum diketahui berapa banyak startup yang akan Qualcomm dukung.
 
Mereka mengatakan memberikan dana sekitar USD1 juta (Rp14,4 miliar) sampai USD10 juta (Rp144 miliar) per startup.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif