ASUS Lyra Trio, Router Mesh WiFi Berdesain Unik

Cahyandaru Kuncorojati 19 November 2018 15:01 WIB
asushardware
ASUS Lyra Trio, Router Mesh WiFi Berdesain Unik
ASUS Lyra Trio.
Jakarta: Meskipun teknologi jaringan Mesh Wi-Fi masih tergolong baru dan sedikit penggunanya tapi beberapa vendor terus berusaha menyediakan router pendukungnya lebih awal.

ASUS yang juga produsen sudah menyiapkan router Mesh WiFi. Salah satunya yang terbaru adalah ASUS Lyra Trio yang diklaim menyediakan proses pemasangan yang mudah dengan fitur keamanan yang lengkap.

Penyebutan nama Trio pun menyesuaikan dengan paket perangkat router Mesh WiFi ASUS Lyra Trio yang terdiri dari tiga buah router wireless jenis AC1750.


Desain ASUS Lyra Trio boleh dibilang desain paling unik yang ada di pasar. Router Mesh WiFi ini hadir dengan bentuk seperti piramida mungil, bukan desain persegi pada umumnya.

Perpindahan koneksi di dalam jaringan Mesh WiFi ASUS Lyra Trio diklaim sangat seamless sehingga Anda tidak akan menemukan momen WiFi terputus lalu menyambung kembali.

Mengusung jaringan WiFi AC1750, router Mesh Wifi memiliki teknologi Dual Band yakni di frekuensi 2,4 GHz dan 5GHz, yang keduanya masing-masing mendukung fitur MU-MIMO 3x3 sehingga menyediakan bandwidth lebih besar untuk terhubung dengan perangkat daam jumlah banyak.

Sementara untuk sistem keamannnya, ASUS menggandeng Trend Micro untuk menyediakan sistem keamanan tidak hanya untuk router ini sendiri melainkan perangkat yang terhubung sehingga memberikan sistem keamanan menyeluruh bagi jaringan IoT (Internet of Things) untuk rumah pintar.

Seluruh konfigurasi dan pengaturan sistem keamanan bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi yang dipasang di smartphone penggunanya. Pihak ASUS belum memberikan informasi kapan router dengan desain unik ini mulai tersedia di Indonesia.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.