?Google memperkenalkan fitur anggaran baru di Google Play untuk melacak dan menentukan batas maksimal pengeluaran.
?Google memperkenalkan fitur anggaran baru di Google Play untuk melacak dan menentukan batas maksimal pengeluaran.

Kini Anda Bisa Batasi Total Belanja di Google Play Store

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 18 April 2019 16:39
Jakarta: Google memperkenalkan fitur anggaran baru di Google Play, memungkinkan pengguna melacak pengeluaran dan menentukan batas pengeluaran terbesar. Anggaran dapat diatur melalui aplikasi Google Play di ponsel atau tablet Android, tapi tidak bisa melalui situs.
 
Fitur ini dapat ditemukan dengan mengetuk ikon menu pada Google Play Store dan memilih menu Account and Purchase History. Kemudian, cari menu Set Budget dan masukkan total belanja maksimal sebagai batas sebelum mengetuk opsi Save.
 
Setelah itu, setiap kali Anda melakukan pembelian aplikasi, buku, lagu, atau produk lain dengan akun Google, Anda akan mendapatkan pemberitahuan ketika total belanja Anda mendekati atau melebihi anggaran yang telah ditentukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengatur anggaran di Play Store, dilaporkan VentureBeat, tidak akan menghalangi pengguna untuk membeli produk dengan harga melebihi batas yang ditentukan. Google menyebut anggaran hanya dapat ditentukan berdasar mata uang yang digunakan di negara asal pada profil Google Play pengguna.
 
Untuk mengetahui kondisi pemakaian telah mendekati ambang batas atau belum, pengguna hanya perlu kembali ke halaman menu Purchase History. Sedangkan untuk menghapus anggaran yang telah ditentukan sebelumnya, ketuk tombol Remove Budget di menu yang sama.
 
Perwakilan Google menyebut bahwa fitur ini tengah menjalani proses pengujian, dan akan digulirkan secara bertahap. Sementara itu, pada perangkat Pixel 3 XL, aplikasi Play Store memiliki tab Order History dan bukan Purchase History, serta belum didukung tombol Set Budget.
 
Fitur ini juga disebut dibangun berbasis sistem pengendalian pembelian Google yang telah tersedia. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur persyaratan autentikasi seperti password atau pemindaian sidik jari, sebelum melakukan pembelian via akun Google Play di perangkat, atau untuk menonaktifkan pembelian secara menyeluruh.
 
Ini bukanlah fitur terkait finansial yang Google keluarkan. Sebelum ini, raksasa internet itu telah menyediakan Family Link Google, yang memungkinkan seseorang berperan sebagai manajer dalam sebuah keluarga atau kelompok. Sang manajerbertuga melakukan peninjauan dan menyetujui atau menolak pengeluaran Play Store anggota keluarga secara manual.
 
Sementara itu, Apple telah menghadirkan fitur anggaran serupa, bernama iTunes Allowances. Fitur ini memungkinkan orang tua mengatur kredit per bulan yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian di App Store dan iTunes oleh anak mereka.
 
Namun Apple menghentikan operasionalisasi fitur ini pada bulan Mei 2016, sehingga lebih terfokus pada fitur Family Sharing. Program serupa Family Link ini memungkinkan orang tua mengendalikan kebiasaan pengeluaran dan pembelian di antara anggota keluarga.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif