Smartwatch Google di masa depan dikabarkan akan berbekal fitur berkemampuan membaca denyut jantung.
Smartwatch Google di masa depan dikabarkan akan berbekal fitur berkemampuan membaca denyut jantung.

Wear OS Juga akan Punya Fitur EKG?

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 19 Januari 2019 14:57
Jakarta: Fitur terobosan baru pada Apple Watch series 4 yaitu sensor elektrokardiogram (ECG atau EKG) berfungsi untuk memeriksa denyut jantung pengguna. Sensor ini akan memberitahukan pengguna terkait permasalahan serius seperti atrial fibrillation (afib).
 
Sementara itu, jam tangan cerdas dengan dukungan Google Wear OS tidak didukung kemampuan untuk mengukur denyut jantung.
 
Namun, Verily mengumumkan bahwa alat pembaca ECG on-demand mereka, bertajuk Study Watch, telah disetujui olehbadan pengawas makanan dan obat (FDA) Amerika Serikat. Dilaporkan, teknologi itu akan mengubah masa depan jam tangan cerdas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai informasi, Verily merupakan organisasi yang juga dinaungi oleh induk perusahaan Google, yaitu Alphabet. Study Watch tidak ditawarkan untuk konsumen, meski ia bisa didapatkan oleh profesional kesehatan dan orang dewasa yang diduga menderita permasalahan jantung.
 
Jam tangan cerdas yang telah disetujui sebagai perangkat medis ini berkemampuan untuk merekam, menyimpan, dan menampilkan ritme ECG. Kini dengan dukungan teknologi ECG di Study Watch yang telah mendapatkan persetujuan dari FDA, Google diprediksi akan segera memanfaatkannya untuk sistem operasi Wear OS di masa depan.
 
Selain itu, teknologi ECG ini juga dikabarkan akan diperkenalkan Google pada Pixel Watch yang meluncur pada tahun 2019. Selain kemungkinan didukung sensor ECG pada model Wear OS di masa mendatang, Google juga mengumumkan bahwa perusahaannya telah membeli kekayaaan intelektual milik Fossil senilai USD40 juta (Rp569,2 miliar).
 
Kombinasi teknologi ECG Verily dan kekayaan intelektual Fossil tersebut diklaim inovatif dan memiliki fitur yang belum pernah tersedia pada model smartwatch yang tersedia di pasaran saat ini.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif