Baca juga: Layanan Kesehatan Berbasis AI di Indonesia: Gabungan Data dan Otomatisasi |
Selama lebih dari satu dekade, AAA telah mendukung jutaan masyarakat Indonesia melalui perannya sebagai TPA dan penyedia bantuan medis internasional yang bekerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi terkemuka dan korporasi besar di seluruh Indonesia.
Setelah HealthMetrics mengakuisisi AAA pada 2022, perusahaan ini telah resmi berganti nama menjadi HealthMetrics Indonesia sebagai bagian dari transformasi ini, sehingga menyatukan keahlian lokal dengan infrastruktur digital generasi terbaru.
Rebranding ini bertujuan untuk menghadirkan proses administrasi layanan kesehatan yang lebih cepat, cerdas, dan efisien bagi perusahaan asuransi, korporasi, penyedia layanan kesehatan, dan anggota di seluruh Indonesia maupun secara regional.
Bersamaan dengan peluncuran HealthMetrics Indonesia, diperkenalkan juga tiga solusi unggulan di Indonesia, yaitu: HealthMetrics Cloud Platform, Global Member App, dan International Assistance Hub.
Ketiga solusi digital ini menandai era baru administrasi layanan kesehatan yang terukur, cerdas, dan berpusat pada pasien. Hal tersebut meningkatkan efisiensi lebih tinggi, transparansi yang lebih baik, serta akses layanan kesehatan yang lebih luas, baik di dalam negeri maupun lintas negara.
“Kami percaya pendekatan digital-first yang kami bawa sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 untuk membangun ekosistem layanan kesehatan terintegrasi yang menghubungkan seluruh pemangku kepentingan dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan secara nasional,” ujar CEO HealthMetrics Indonesia Madan Mohan Vasandani dikutip Rabu, 16 April 2025.
Selain terus memberikan dukungan terpercaya kepada perusahaan asuransi dan perusahaan besar yang telah menggunakan layanan TPA dari HealthMetrics, HealthMetrics Indonesia juga menghadirkan Cloud Platform bersertifikasi ISO27001 yang telah meraih penghargaan kepada kalangan korporasi yang lebih luas.
Platform ini memungkinkan tim HR dan pemimpin bisnis untuk memperoleh wawasan secara real-time, dan menerapkan strategi kesehatan kerja yang mendorong terciptanya tenaga kerja yang lebih sehat, terlibat, dan produktif.
HealthMetrics juga berkomitmen untuk mendorong kesetaraan layanan kesehatan, keterjangkauan biaya, dan akses yang lebih baik bagi perusahaan dan karyawan di Indonesia. Hal ini menjawab kebutuhan yang semakin meningkat di kalangan perusahaan Indonesia akan solusi digital untuk mengelola biaya kesehatan, mendukung kesejahteraan karyawan, dan membangun perusahaan yang lebih kuat serta tangguh.
Co-founder & Group Chief Executive Officer HealthMetrics Group Alvin Yuan menyatakan upaya menyatukan teknologi, kolaborasi, dan menyamakan tujuan bersama untuk bisa menciptakan masa depan layanan kesehatan yang terhubung dan tanpa batas.
"Saya sangat antusias dengan penyatuan misi bersama tim Indonesia kami, yang telah memiliki rekam jejak kuat sebagai TPA terkemuka dan perusahaan bantuan kesehatan terbesar di Indonesia.” tegas dia.
Ekosistem layanan kesehatan lintas batas
Teknologi menjadi pilar utama dalam visi HealthMetrics untuk membangun ekosistem layanan kesehatan lintas batas. Di Indonesia, HealthMetrics Cloud Platform akan menghubungkan pihak asuransi, korporasi, dan penyedia layanan kesehatan untuk mengelola polis domestik maupun internasional dengan tanpa hambatan.Platform ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pendaftaran member secara instan, klaim yang diproses dengan dukungan kecerdasan buatan (AI), deteksi fraud, pengendalian biaya, serta analisis data real-time untuk memastikan layanan kesehatan yang efisien dan berkualitas tinggi.
Semua ini turut diperkuat dengan hadirnya HealthMetrics Global Member App, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan berbagai polis asuransi, mengakses layanan kesehatan secara global, mengajukan surat jaminan dan klaim, hingga menikmati manfaat wellness, semuanya dalam satu aplikasi.
Untuk mendukung layanan kesehatan lintas negara, HealthMetrics International Assistance Hub menyediakan akses ke lebih dari 15.000 penyedia layanan kesehatan dengan sistem direct billing melalui jaringan TPA regional, guna memastikan koordinasi yang lebih lancar dan peningkatan kualitas hubungan dengan penyedia layanan.
Dengan fondasi digital yang kuat ini, HealthMetrics telah tumbuh pesat menjadi TPA digital terkemuka sejak didirikan pada tahun 2015, dengan eksistensi yang solid di Malaysia, Singapura, dan kini Indonesia.
Co-founder & Group Chief Technology Officer HealthMetrics Group Advent Phang mengatakan fokus perusahaan tidak hanya pada digitalisasi, tetapi pada solusi digital yang cerdas, yang mampu menghadirkan efisiensi biaya, transparansi, dan kontrol bagi seluruh pemangku kepentingan dalam perjalanan layanan kesehatan.
HealthMetrics telah melayani lebih dari 100 perusahaan asuransi, 3.000 klien korporat, dan memfasilitasi layanan medis melalui jaringan lebih dari 15.000 penyedia layanan kesehatan. Dipercaya oleh perusahaan asuransi global, HealthMetrics terus memimpin dalam solusi administrasi layanan kesehatan digital yang menyederhanakan pengelolaan tunjangan kesehatan.
Seiring dengan inovasi yang mendekati satu dekade, HealthMetrics terus mengembangkan dampaknya di seluruh Asia Tenggara dan diperkirakan akan melampaui nilai kumulatif perawatan medis sebesar USD1 miliar pada akhir 2025. Dengan solusi terhubung lintas negara yang didukung AI, HealthMetrics berada di posisi strategis untuk membantu perusahaan dan asuransi mentransformasi cara mereka mengelola layanan kesehatan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id