Inisiatif ini bertujuan untuk menyebarkan semangat positif dan mendorong terciptanya hubungan manusia yang lebih tulus dan bermakna melalui kekuatan universal musik, sejalan dengan janji merek abadi perusahaan, “Life’s Good”.
Kampanye tersebut hadir sebagai respons langsung terhadap fenomena keterputusan sosial yang semakin mengkhawatirkan. Sebuah studi global terbaru yang diprakarsai oleh LG mengungkap data yang mengejutkan, 68 persen orang merasa semakin sulit menjalin pertemanan yang nyata.
Bahkan, sepertiga responden mengaku hanya memiliki satu atau tidak sama sekali koneksi yang berarti selama sebulan terakhir. Terinspirasi dari peran radio tradisional sebagai media yang menyatukan komunitas melalui musik dan cerita, LG merevitalisasi konsep ini ke dalam sebuah platform digital interaktif.
Melalui situs RadioOptimism.lg.com, pengguna dapat memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menciptakan dan mengirimkan lagu personal kepada orang-orang terdekat mereka.
“Seiring perkembangan teknologi, koneksi antar manusia yang bermakna justru semakin penting untuk memperkaya kehidupan kita. LG terus berkomitmen membawa semangat optimisme ke dalam kehidupan sehari-hari pelanggan, sejalan dengan janji merek kami yang abadi, ‘Life’s Good,’” ujar Kim Hyo-eun, Kepala Divisi Manajemen Merek LG dalam keterangan resminya.
Platform ini memungkinkan pengguna membuat lagu unik dengan mudah. Teknologi AI yang telah dilatih secara khusus akan menerjemahkan input emosi atau pesan dari pengguna menjadi sebuah komposisi musik orisinal, lengkap dengan ilustrasi sampul album yang dipersonalisasi.
Fenomena ini juga diamati oleh pakar. Jean M. Twenge, seorang Profesor Psikologi di San Diego State University, menyoroti penurunan tingkat kebahagiaan yang signifikan selama dekade terakhir.
“Salah satu indikator kebahagiaan yang paling kuat adalah hubungan yang dalam dan bermakna,” jelas Twenge. “Wajar jika seseorang punya ratusan pengikut, tapi tak punya siapapun untuk diajak bicara saat butuh dukungan. Kita perlu membangun hubungan yang lebih berarti dengan orang-orang di sekitar kita,” tambahnya.
Dengan “Radio Optimism”, LG berharap dapat menjadi jembatan yang menghubungkan kembali individu, mendorong mereka untuk mengekspresikan perasaan, dan pada akhirnya menyebarkan optimisme dengan cara yang autentik di ruang digital.
Situs web kampanye ini telah tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol, dengan dukungan untuk lebih banyak bahasa akan segera menyusul.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id