TelkomGroup melakukan berbagai inisiatif strategis mulai dari penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan dan optimalisasi sumber daya, hingga berbagi kebahagiaan melalui berbagai kegiatan sosial.
“Kami memahami bahwa periode Ramadan dan Idulfitri merupakan momen dengan kebutuhan komunikasi yang sangat tinggi, baik untuk silaturahmi, menikmati beragam hiburan digital, melakukan berbagai transaksi digital, dan aktivitas digital lainnya,” ucap Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam konferensi pers.
“Serta adanya imbauan working from anywhere (WFA) dan perpanjangan libur lebaran membuat kebutuhan internet akan semakin meningkat. Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan prima dengan memastikan jaringan yang optimal, kapasitas yang memadai, serta menghadirkan pengalaman digital terbaik,” jelasnya.
Kenyamanan pelanggan, baik untuk pelanggan retail (Business-to-Consumer/B2C), maupun segmen korporasi (Business-to-Business/B2B) selama periode RAFI 2025 diklaim senantiasa menjadi prioritas dan fokus utama bagi perusahaan.
Saat ini, TelkomGroup memiliki 158,4juta pelanggan Telkomsel, 9,69 juta pelanggan IndiHome, 590 ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.
TelkomGroup telah melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang optimal, di antaranya kesiapan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.
Pada periode RAFI tahun ini, diproyeksikan terjadi lonjakan trafik broadband menjadi sebesar 20,35 Tbps atau meningkat 28% dari periode sebelumnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, TelkomGroup melakukan peningkatan kapasitas jaringan menjadi sebesar 58,4 Tbps atau naik 11% dibandingkan tahun sebelumnya.
“Sebagai bagian dari TelkomGroup, Telkomsel siap mendukung penuh kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital selama Ramadan dan Idulfitri. Dengan peningkatan kapasitas jaringan yang lebih andal disertai dengan kemudahan layanan dan promo terbaik bagi pelanggan mobile maupun fixed broadband,” tutur Direktur Utama Telkomsel Nugroho di kesempatan terpisah.
“Kami berupaya memastikan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan digital terbaik di setiap momen Ramadan dan Idulfitri. Kami bersama TelkomGroup dan Kementerian BUMN RI berkomitmen menghadirkan solusi konektivitas yang tidak hanya andal, tetapi juga menjadikan momen penuh berkah yang terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.
Demi meningkatkan pengalaman terbaik pelanggan, TelkomGroup telah memetakan serta melakukan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 476 PoI (Point of Interest) atau titik keramaian yang mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, perumahan, serta fasilitas rumah ibadah.
TelkomGroup melakukan penguatan lebih dari 234ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel. Pada periode RAFI 2025, pelanggan TelkomGroup dapat menikmati layanan 5G di 56 kota seluruh Indonesia.
Trafik data diperkirakan meningkat hingga 16% dibandingkan periode RAFI sebelumnya atau 13.16% dibandingkan hari normal, dengan total payload mencapai 69.14 PetaBytes(PB) pada puncak RAFI 2025.
TelkomGroup telah melakukan pengujian melalui rehearsal network dan drive test di lebih dari 17ribu km jalan utama, jalan tol, jalur kereta, serta jalur penyeberangan kapal. TelkomGroup juga telah melakukan uji ketahanan (stress test), pengujian ketersediaan jaringan (availability), pemantauan stabilitas koneksi, serta peningkatan cyber-security pada seluruh sistem.
Keandalan infrastruktur dan layanan digital TelkomGroup dijaga melalui monitoring secara berkala yang dilakukan di 57 Posko RAFI, meliputi posko nasional, regional, daerah, divisi fungsi, hingga anak perusahaan.
Sebanyak 480 personel posko bertugas 24/7 mulai 26 Maret sampai dengan 8 April 2025 dan melibatkan 9.000 teknisi lapangan yang merupakan kolaborasi terintegrasi TelkomGroup di seluruh Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News