foto: Blanja.com
foto: Blanja.com

Inilah Pola Belanja Online Konsumen Menurut Opera

Mohammad Mamduh • 11 Desember 2014 06:53
medcom.id: Laporan terbaru dari Opera mengungkapkan bagaimana konsumen global menggunakan ponsel mereka untuk berbelanja online. Temuan ini membagi tren berbelanja via ponsel berdasarkan waktu, hari dan letak geografis, dan menunjukkan situs mobile teratas dan pemasang iklan pada masa liburan ini.
 
“Berbelanja online telah menjadi kebutuhan di pasar global. Dan, dengan masa liburan saat ini di Amerika Serikat, kami melihat peningkatan di kawasan tersebut,” ujar Larry Moores, VP untuk Consumer Mobile Reporting dan Analytics di Opera Software.
 
Tidak seperti kunjungan melalui PC ke situs e-commerce yang biasanya tinggi pada hari Senin dan terus menguat selama hari kerja dibandingkan akhir pekan, kunjungan berbelanja lewat ponsel lebih banyak di hari Minggu. Alasannya adalah banyak konsumen menggunakan ponsel mereka untuk melihat-lihat barang di akhir pekan, kemudian mengunjungi kembali dan melakukan pembelian ketika mereka kembali ke komputer PC mereka di hari Senin.

Masa menjelang Natal adalah waktu paling aktif untuk berbelanja di Amerika Serikat, Eropa dan Amerika Latin. Antara November dan Februari, Amerika Serikat mengalami peningkatan lebih dari 15% lebih tinggi dari rata-rata tahunan dalam volume berbelanja.
 
Jerman juga menunjukkan peningkatan tinggi untuk berbelanja menjelang November dan Desember, mengalami peningkatan lebih dari 28% dari rata-rata tahunan. Di Asia, Maret adalah puncaknya, diikuti Juli. Hal ini dikarenakan memasuki bulan Ramadan di akhir Juni hingga akhir Juli. Ketika melihat data global, bulan yang terlihat banyaknya volume kunjungan ke situs berbelanja di ponsel adalah Juni, sedangkan Februari terlihat kunjungan ke situs belanja mobile yang tinggi untuk pembeli yang hobi berbelanja (mereka yang perilaku mobile-nya mengindikasikan minat yang kuat dalam berbelanja)
 
Di Amerika Serikat, Amazon memimpin belanja mobile dengan 36,3% pangsa pasar dari volume kunjungan. Di posisi kedua adalah eBay dengan 16% pangsa pasar, diikuti oleh Craiglist dengan 11,5%. Di antara peritel besar yang menawarkan berbelanja mobile, Walmart melihat volume kunjungan tertinggi, diikuti oleh Target dan Sears. Peritel selain dari Amerika Serikat yang terlihat peningkatan dalam kunjungan mobile di November adalah Walgreens, Lowe’s, Macy’s, Kohl’s, Barnes & Noble, Kmart dan Nike.
 
Pada skala global, Amazon tetap memimpin tetapi terdapat pendatang baru yang memiliki posisi cukup kuat di Asia, seperti FlipKart di India dan Berniaga di Indonesia. Di Amerika Latin, MercadoLibre telah menempatkan diri menjadi tujuan utama berbelanja mobile. Di Cina, Alibaba adalah pemain penting di dalam pasar berbelanja mobile yang telah matang.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ABE)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan