Di tahun ini, penetrasi internet di Indonesia mencapai 80,66%, dan Milenial dan Gen Z, sebagai generasi yang tech‑savvy, terus mengubah arti dari gaya hidup digital. Integrasi teknologi yang semakin dalam di keseharian ini terbukti mengubah cara orang Indonesia dalam beraktivitas, bekerja, dan berbelanja.
Mengingat peran teknologi sudah tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, survei terbaru menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia bersikap terbuka dengan inovasi baru. Lebih dari 60% menggunakan kecerdasan buatan generatif untuk menjaga wellness dan membuat menu makanan yang terpersonalisasi. Ini menjadi tanda bahwa inovasi sangat diterima masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.
Penggunaan teknologi digital secara masif juga tercermin dari tren rumah pintar yang sedang berkembang. Saat ini, 11 juta rumah di Indonesia dilengkapi perangkat pintar, naik 14,7% dari tahun lalu. Pasar rumah pintar pun dapat berkembang dari USD1,31 miliar pada 2023 menjadi USD6,89 miliar pada 2030. Sejalan dengan tren ini, ekosistem IoT diperkirakan akan mencapai USD40 miliar pada 2025. Potensi pertumbuhan ini membuka peluang baru akan gaya hidup dan infrastruktur yang semakin terhubung dan cerdas.
Namun, walau terjadi percepatan adopsi teknologi digital, industri elektronik dalam negeri justru menghadapi tantangan besar. Hingga Agustus 2025, permintaan industri hanya pulih sekitar 70%–80% dari volume tahun sebelumnya yang terjadi di hampir semua lini produk.
Penurunan ini sangat dipengaruhi oleh melemahnya daya beli, dengan setengah dari penduduk Indonesia mengkhawatirkan ekonomi yang tidak stabil dan kenaikan biaya hidup yang signifikan. Akibatnya, banyak yang menekan pengeluaran.
Kondisi makroekonomi ini memberi sinyal bahwa masa depan industri elektronik Indonesia tidak hanya akan ditentukan oleh inovasi, tetapi juga dari sejauh mana para pelaku industri mampu beradaptasi terhadap prioritas konsumen dan kondisi ekonomi yang terus berubah.
Salah satu perubahan perilaku konsumen yang paling signifikan saat ini adalah pengaruh dari aspek-aspek lingkungan yang semakin kuat terhadap keputusan pembelian. Ini menunjukkan bahwa keberlanjutan tidak lagi menjadi preferensi bagi segelintir orang, namun telah menjadi ekspektasi konsumen luas.
Tren ini menjadi tantangan dan peluang bagi pelaku industri yang dituntut untuk menciptakan inovasi yang tidak hanya menumbuhkan bisnis, tetapi juga berdampak positif. Itulah mengapa, selama 35 tahun, LG Electronics Indonesia terus tumbuh dengan fokus pada tiga pilar utama: inovasi berdampak positif, kualitas tanpa kompromi, serta kepercayaan yang dibangun melalui kepemimpinan yang beretika dan memperhatikan keberlanjutan bisnis.
Inovasi harus relevan dan bertanggung jawab. Di LG, setiap teknologi dirancang agar bisa memecahkan masalah di dalam keseharian, meningkatkan kualitas hidup, serta mendukung gaya hidup berkelanjutan. Filosofi ini menjadi pedoman kami dalam mengembangkan produk dan menjalankan investasi di Indonesia.
Berangkat dari filosofi tersebut, kami fokus menciptakan solusi yang cerdas, tahan lama, dan hemat energi di seluruh jajaran produk. Misalnya, mesin cuci kami mengoptimalkan proses pencucian dengan penggunaan air dan listrik yang minimal. Lalu, lemari es kami menjaga makanan segar lebih lama tanpa membuat tagihan listrik membengkak. Ini semua menjadi cara kami memberdayakan pengguna dan membantu mereka menghemat sumber daya.
LG juga memanfaatkan pemahaman mendalam terhadap karakteristik dari pasar-pasar di Asia, termasuk Indonesia, untuk mengembangkan produk yang benar-benar sesuai gaya hidup lokal. Lemari es multi door kami dirancang khusus dengan kapasitas penyimpanan makanan segar yang lebih besar, desain compact namun tetap fungsional untuk dapur Indonesia, serta fitur-fitur yang mencerminkan kebiasaan masyarakat dalam menyimpan dan menyajikan makanan.
LG AI TV semakin membuktikan bagaimana inovasi dapat memperkaya kehidupan sehari-hari. Berkat LG AI Magic Remote berbasis Large Language Model (LLM), TV ini bisa memahami perintah suara yang kompleks dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Fungsi tersebut benar-benar melampaui ekspektasi konsumen akan instruksi yang biasa diberikan ke perangkat pintar untuk menciptakan pengalaman yang lebih intuitif dan terpersonalisasi.
Agar dapat mendorong kemajuan secara maksimal, inovasi perlu dilengkapi kualitas yang tak tertandingi, mulai dari tahap produksi hingga layanan purnajual. Maka dari itu, setiap produk LG di Indonesia, yang dibuat di dua fasilitas produksi dengan dukungan kemitraan lokal, telah mengikuti standar global Korea Selatan dan diuji di dalam negeri untuk mencapai mutu tertinggi dalam aspek keamanan, ketahanan, dan keandalan.
Tim R&D TV LG berperan penting dalam proses tersebut dengan melakukan pengujian produk yang ketat untuk menyesuaikan teknologi global LG dengan persyaratan khusus di Indonesia. Upaya ini menjaga kinerja setiap unit tetap optimal walau telah dipakai selama bertahun-tahun. Tim tersebut juga merancang prosedur khusus untuk menjamin pengiriman produk yang aman dari fasilitas manufaktur ke konsumen di seluruh penjuru negeri.
Komitmen kami akan kualitas tidak hanya berlaku di kegiatan produksi, tetapi juga saat proses instalasi, servis produk, dan pelayanan pelanggan. Karena itulah, kami berinvestasi secara besar-besaran dalam mengembangkan keahlian teknisi lokal melalui LG HVAC Academy yang menjadi fondasi kami dalam melakukan transfer ilmu dan mendukung kesiapan Industri 4.0.
Program khusus ini membekali teknisi dan mitra kami di Indonesia dengan pengetahuan untuk memasang, memelihara, dan mengoptimalkan sistem HVAC yang kompleks guna memastikan setiap layanan kami mencerminkan keandalan dan keunggulan dari LG.
Dedikasi LG dalam menjaga kualitas juga tercermin dari strategi kami dalam mengintegrasikan kegiatan R&D, manufaktur, pemasaran, dan pelayanan pelanggan di Indonesia. Pendekatan ini membantu mengubah Indonesia dari pasar alat elektronik menjadi produsen teknologi yang aktif berinovasi. Dengan menanamkan keahlian global ke dalam operasi lokal, LG membantu mengembangkan talenta, memperkuat ekosistem pemasok, dan memperkuat posisi Indonesia dalam rantai nilai internasional, sekaligus ikut mendukung visi “Making Indonesia 4.0”.
Tak ketinggalan, kami memahami bahwa kepercayaan diperoleh melalui kinerja yang konsisten, etika bisnis, dan perhatian yang tulus terhadap masyarakat. Seiring meningkatnya konsumen yang memprioritaskan keberlanjutan, LG terus menciptakan produk-produk hemat energi tersertifikasi, seperti Dualcool Inverter RAC yang direkomendasikan Universitas Indonesia atas kinerjanya yang terbukti efisien. Melalui pengujian yang ketat, LG Dualcool Inverter T05EV5 mencatatkan biaya listrik sekitar Rp1.500 per hari, menjadikannya pilihan ideal bagi konsumen yang mengutamakan rasa nyaman dan aspek ekonomis.
Transformasi digital di Indonesia menciptakan peluang luar biasa yang dapat dimaksimalkan dengan inovasi bermakna, kualitas tanpa kompromi, dan kepemimpinan berintegritas. Dengan tumbuhnya tingkat kepedulian konsumen terhadap keberlanjutan, hanya perusahaan yang bisa memadukan teknologi dengan nilai-nilai yang penting bagi pelanggan, dan menggabungkan pertumbuhan bisnis dengan tanggung jawab sosial, yang akan berada di depan.
LG pun bangga bisa menjadi bagian dari perjalanan Indonesia menuju masa depan yang lebih cerdas dan berkelanjutan. “Life’s Good” bukan sekadar slogan, melainkan janji kami untuk meningkatkan kualitas hidup melalui inovasi, mutu produk yang tahan lama, dan kepercayaan pelanggan yang teruji oleh waktu.
(Ha Sang-chul, Presiden LG Electronics Indonesia)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id