Ilustrasi.  (Telkomsel)
Ilustrasi. (Telkomsel)

Telkomsel: Layanan Telepon Masih Populer di Ramadan dan Idulfitri 1442 H

Teknologi teknologi Telkomsel telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 16 Mei 2021 13:40
Jakarta: Telkomsel merilis data mengenai trafik layanannya selama momen Ramadan dan Idulfitri 1442 H. Data mengungkap bahwa layanan data atau internet meningkat signifikan dibandingkan hari biasa di tahun 2021 terutama dibandingkan Ramadan dan Idulfitri 2020.
 
Hal ini dinilai wajar karena momen tersebut tahun ini masih dirayakan di tengah kondisi pandemi sehingga aplikasi digital seperti aplikasi chat maupun video call menjadi populer. Menariknya layanan telepon ternyata masih populer oleh sebagian pengguna Telkomsel.
 
Data yang dibagikan Telkomsel memperlihatkan bahwa layanan telepon atau panggilan suara meningkat empat persen dibandingkan hari biasa tahun 2021 tapi justru menurun 14 persen dibandingkan periode Ramadan dan Idulfitri tahun 2020. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini bisa diartikan bahwa di momen ini masyarakat sudah terbiasa dengan aplikasi digital dibandingkan layanan panggilan suara. Telkomsel mencatat ada sekiat 915 juta menit yang terkumpul dari layanan panggilan suara.
 
Di layanan data atau internet justru peningkatan mencapai 10 persen dibandingkan hari biasa di tahun 2021 dan meningkat 49 persen dari Ramadan dan Idulfitri tahun 2020. Konsumsi data mencapai 39,7 Petabyte.
 
Enam kategori platform atau kegiatan yang paling banyak diakses atau dilakukan adalah browsing, layanan komunikasi berbasis internet, video streaming, aplikasi media online, media sosial, dan mobile gaming.
 
Apabila layanan panggilan suara menunjukan peningkatan yang kecil serta penurunan dibandingkan tahun lalu, justru layanan pesan singkat atau SMS masih terus mengalami peningkatan.
 
Data Telkomsel mengklaim layanan SMS meningkat 23 persen dibandingkan hari biasa di 2021 dan meningkat 33 persen dari Ramadan dan Idulfitri 2020. Total ada 669 juta SMS yang dikirimkan.
 
“Kami merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idulfitri. Semoga semua upaya yang kami lakukan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan dalam menjalani aktivitas ibadah Ramadan dan merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H,” ujar Direktur Network Telkomsel, Nugroho.
 
“Kami merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idulfitri. Semoga semua upaya yang kami lakukan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan dalam menjalani aktivitas ibadah Ramadan dan merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H,” tuturnya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif