Ilustrasi. (GizChina)
Ilustrasi. (GizChina)

Apple Kena Sanksi di Italia Akibat Mengaku iPhone Tahan Air

Teknologi teknologi apple gadget
Cahyandaru Kuncorojati • 01 Desember 2020 09:04
Jakarta: Apple dilaporkan dijatuhkan denda cukup besar di Italia oleh badan pengawas persaingan bisnis setempat karena memberikan iklan yang menyesatkan konsumen. Apple dituduh berbohong terkait kemampuan iPhone yang diklaim tahan air.
 
Badan negara bernama Autorità Garante della Concorrenza e del Mercato (AGCM) menyatakan Apple melanggar dua sanksi sehingga dijatuhkan denda senilai USD12 juta atau kisaran Rp169 miliar terkait klaim sepihak yang merugikan konsumen.
 
Dikutip dari Business Insider, pertama Apple berbohong dengan mengklaim bahwa varian iPhone dari seri iPhone 8 hingga iPhone 11 memiliki daya tahan air beragam untuk setiap model mulai dari kedalaman satu hingga empat meter selama 30 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan AGCM menilai bahwa klaim ini hanya dalam pengujian laboratorium dan tidak sesuai dengan skenario nyata. Kemudian Apple dianggap tidak memenuhi janji kerugian atau garansi yang diberikan dalam kasus tadi.
 
Apple dalam peraturan garansinya menyebutkan tidak memberikan garansi atas kerusakan yang diakibat cairan (liquid). Artinya kerusakan akibat air tidak akan bisa digunakan untuk mengklaim garansi maupun menerima potongan harga perbaikan.
 
Pihak Apple sendiri belum mau berkomentar atas gugatan yang diajukan dna dipastikan hal ini akan cukup berpengaruh terhadap penilaian publik atas produk iPhone. iPhone 12 Series sendiri saat ini menjadi produk terbaru jagoan mereka.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif