Noor Abu Dhabi. (WAM)
Noor Abu Dhabi. (WAM)

Uni Emirat Arab Punya PLTS Terbesar

Teknologi teknologi
Ellavie Ichlasa Amalia • 01 Juli 2019 15:24
Jakarta:Uni Emirat Arab identik dengan minyak. Namun, mereka terus berusaha untuk mengurangi ketergantungan mereka akan minyak.
 
Emirate Water and Electricity Company telah mulai mengoperasikan Noor Abu Dhabi, proyek pembangkit listrik terbesar di dunia dengan kapasitas maksimal sebesar 1,18 gigawatt.
 
Sebagai perbandingan, pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Amerika Serikat hanya memiliki kapasitas maksimal 569 megawatt, lapor Engadget.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak heran jika Abu Dhabi membanggakan manfaat pembangkit listrik ini pada lingkungan. Mereka memperkirakan 3,2 juta panel surya di Noor Abu Dhabi memproduksi energi untuk 90 ribu orang dan akan mengurangi emisi CO2 hingga hampir satu juta metrik ton. Itu sama seperti total CO2 yang dihasilkan oleh 200 ribu mobil di jalan.
 
Meskipun begitu, ini bukan berarti UEA akan berhenti menggantungkan diri pada minyak. Belum lama ini, mereka membahas rencana mereka untuk mengurangi produksi minyak untuk menyeimbangkan pasar dan bukannya untuk mendorong masyarakat berhenti menggunakan bahan bakar minyak.
 
Proyek Noor Abu Dhabi tetaplah penting. Dan pemerintah UEA akan membuat berbagai proyek besar lainnya. Emirates Water and Electric memiliki rencana untuk membuat pembangkit listrik 2 gigawatt. Sementara pemerintah Arab Saudi telah mendapatkan perjanjian awal untuk tenaga surya 2,6 gigawatt di Mekah.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif