Efek fitur AniMe Matrix di laptop gaming ASUS ROG Zephyrus G14.
Efek fitur AniMe Matrix di laptop gaming ASUS ROG Zephyrus G14.

Begini Penampakan AniMe Matrix di Asus ROG Zephyrus G14

Teknologi teknologi asus hardware asus rog
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 20 Januari 2020 23:01
Taipei: Asus ROG Zephyrus G14 telah diumumkan dalam ajang CES 2020. Asus memberikan kesempatan kepada sejumlah wartawan Asia Pasifik untuk meihatnya langsung di Taipei, dalam acara ASUS Refresh 2020.
 
Seperti yang sudah diumumkan, laptop gaming ini merupakan seri Zephyrus pertama yang menggunakan prosesor AMD, dan fitur hardware untuk bernama AniMe Matrix.
 
AniMe Matrix adalah kumpulan mini LED yang bisa dikonfigurasi untuk menghasilkan tampilan efek khusus, baik animasi maupun efek grafis lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat kami menjajalnya, Asus memungkinkan pengguna menciptakan desain sendiri, baik berupa huruf atau objek, selama bisa disusun dalam bentuk pixelated. Pihak Asus menyebutkan ada 6.536 titik yang terpasang, sehingga menutup hampir separuh layar belakang dalam bentuk diagonal.
 
“Setiap titik piksel dapat dikontrol secara mandiri,” kata perwakilan Asus. Mereka menyebut sudah punya teknologi yang nanti bisa mmbuat laptop membawa lebih banyak fitur ini. Apa yang menarik adalah bentuk animasi yang dihadirkan tidak terfokus pada satu garis.
 
Sementara ini, software kustomisasinya masih dalam tahap pengembangan. Mereka menargetkan aplikasi tersebut menyatu dalam Armoury Crate. Sebagai ganti AniMe Matrix, ASUS ROG Zephyrus G14 tidak lagi memiliki LED RGB seperti generasi sebelumnya.
 
ASUS ROG Zephyrus G14 memiliki layar ukuran 14 inci refresh rate 240Hz dengan resolusi WQHD dan kalibrasi warna dari Pantone.
 
Dapur pacunya selain menggunakan prosesor terbaru AMD, ada dukungan RAM DDR4 32GB di 3200Mhz dan penyimpanan data M.2 NVMe PCIe 1TB. Kartu grafisnya mengandalkan NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB. GPU yang terpasang bisa berjalan di boost clock maksimum 1298MHz di TDP 65W.
 

 
Muncul pertanyaan mengenai konsumsi baterai. Ini karena komponen yang lebih banyak akan membuat konsumsi baterai lebih tinggi. Pihak Asus memastikan bahwa konsumsi baterainya tidak memberikan dampak besar.
 
Salah satu alasannya adalah karena prosesor AMD yang terpasang, ditambah dengan panel LED yang sepenuhnya mati saat tidak menampilkan animasi.
 
Asus menargetkan ROG Zephyrus G14 tersedia di Indonesia. Namun, belum diketahui apakah unit ini akan tersedia secara terbatas atau tidak, begitu juga dengan tanggal peluncuran dan harga yang akan dipatok.
 
Prediksi kami, harganya tidak berbeda jauh dari seri ROG Zephyrus yang sudah meluncur lebih dahulu di Tanah Air, kisaran Rp40-50 juta.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif