?Perayaan ulang tahun ke-20 Alibaba Group menjadi panggung terakhir Jack Ma sebagai Executive Chairman Alibaba.
?Perayaan ulang tahun ke-20 Alibaba Group menjadi panggung terakhir Jack Ma sebagai Executive Chairman Alibaba.

Lembaran Baru Alibaba di Ultah ke-20

Teknologi alibaba
Lufthi Anggraeni • 12 September 2019 18:25
Jakarta: Alibaba Group merayakan ulang tahun ke 20 di perayaan akbar yang digelar di Huangzhou, Tiongkok. Perayaan ulang tahun ke-20 Alibaba Group ini turut menjadi panggung terakhir Jack Ma sebagai Executive Chairman raksasa ecommerce Tiongkok tersebut.
 
Lengsernya Jack Ma membuka lembaran baru bagi Alibaba Group, yang kini dipimpin oleh Daniel Zhang. Sebagai informasi, sebelum menggantikan Jack Ma, Daniel Zhang menjabat sebagai CEO Alibaba Group.
 
Selain itu, pada acara perayaan tersebut, Alibaba Group juga mengumumkan pembaruan 6 nilai-nilai perusahaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pidato terakhirnya kepada seluruh karyawan Alibaba sebagai Executive Chairman, Jack Ma mengatakan bahwa perayaan ulang tahun Ke-20 Alibaba ini bukanlah tentang pensiunnya, tapi merupakan awal baru dari proses sukses perusahaan.
 
Penunjukan Daniel Zhang sebagai penggantinya sebagai Executive Chairman telah diputuskan Jack Ma sejak tahun 2018 lalu. Penunjukan ini didasari oleh kebanggaan Alibaba akan tata cara pengelolaan perusahaannya.
 
Tata cara pengelolaan Alibaba mengacu pada sistem partnership yang dibentuk untuk memastikan budaya dan etos kerja yang telah mendasari pendekatan bisnis perusahaan selama dua dekade terakhir terus terjaga di masa yang akan datang setelah para pendirinya tiada atau tidak lagi bersama perusahaan.
 
Sebelum kepergiannya, Jack Ma meminta Alibaba untuk menjadikan dunia lebih hijau, inklusif dan berkelanjutan dalam kurun waktu 20 tahun mendatang. Jack Ma juga menekankan bahwa Alibaba harus menjadi perusahaan yang fokus pada memengaruhi perubahan positif di dunia dan tidak sekedar menjadi perusahaan yang mengejar keuntungan.
 
Sementara itu dalam pidato sambutannya, Daniel Zhang mengungkap dalam kepemimpinannya, Alibaba bertujuan untuk melayani lebih dari 1 miliar konsumen secara global, dan menangani transaksi senilai RMB10 triliun hingga tahun 2024.
 
Melalui Alibaba Operating System, Zhang menyebut Alibaba Group akan dapat membantu perusahaan dalam melakukan transformasi digital, termasuk dalam bidang pemasaran, pengelolaan saluran pemasaran, pembuatan dan desain produk, layanan pelanggan dan pengelolaan usaha.
 
Sementara itu, pembaruan nilai yang diusung Alibaba Group menegaskan kembali misi Alibaba yaitu memudahkan cara berbisnis di mana saja. Pembaruan ini juga mempertajam visi Alibaba untuk menjadi perusahaan yang bertanggung jawab dan akan hadir selama 102 tahun di era digital.
 
Pembaruan ini turut menekankan prinsip tanggung jawab Alibaba Group, dan bukannya sekadar mengejar kekuatan ataupun skala bisnis. Keenam nilai perusahaan yang sebelumnya adalah mengutamakan pelanggan, kepercayaan, integritas, kerja sama tim, merangkul perubahan dan semangat.
 
Pembaruan nilai Alibaba yaitu konsumen adalah prioritas yang pertama, karyawan kedua, dan para pemegang saham yang ketiga, kepercayaan akan memudahkan segala hal, perubahan merupakan satu-satunya yang tak pernah berubah, kinerja terbaik hari ini menjadi acuan esok hari, - Kalau bukan sekarang, kapan? Kalau bukan aku, siapa?, dan hidup dengan serius, bekerja dengan bahagia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif