Samsung Galaxy S9 Punya Kamera Dua Aperture?

Ellavie Ichlasa Amalia 13 Januari 2018 09:13 WIB
samsung
Samsung Galaxy S9 Punya Kamera Dua Aperture?
Galaxy S9 dikabarkan akan memiliki aperture yang bisa diubah secara manual. (Wikimedia)
Jakarta: Samsung mengonfirmasi mereka akan meluncurkan Galaxy S9 pada bulan depan, dalam ajang Mobile World Congress.

Menjelang waktu peluncuran, tidak heran jika semakin banyak pula informasi bocoran yang beredar. Salah satunya adalah gambar dari kotak Galaxy S9 yang muncul di forum internet, Reddit. 

Dari gambar kotak tersebut, ada banyak informasi yang bisa diketahui tentang Galaxy S9. Seperti yang disebutkan oleh Engadget, kebanyakan dari informasi yang ada pada kotak tersebut memang terdengar masuk akal.


Menurut kotak tersebut, Galaxy S9 akan memiliki layar AMOLED berukuran 5,8 inci dengan resolusi Quad HD+, kamera depan 8MP, sertifikat anti-air dan tahan debu IP68, pemindai iris mata, memori internal 64GB, dan RAM 4GB.

Selain itu, Galaxy S9 juga disebutkan akan memiliki fitur pengisian baterai nirkabel dan sepasang earphone yang "disetel oleh AKG". Tampaknya, Samsung memang tidak membuat banyak perubahan pada Galaxy S9 jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy S8. 



Salah satu rumor yang beredar tentang Galaxy S9 adalah ia akan memiliki aperture yang bisa berubah. Informasi pada kotak ini tampaknya memperkuat rumor tersebut. Mengingat Samsung telah meluncurkan sebuah flip phone yang aperture kameranya dapat diubah secara manual, maka ada kemungkinan jika rumor ini memang benar.

Rumor lain yang beredar tentang Galaxy S9 adalah smartphone itu akan dapat mengambil video "super slow-mo".

Disebutkan, kamera ponsel buatan Samsung itu akan dapat mengambil video slow-motion pada 1.000 fps, mengalahkan Sony Xperia XZ Premium yang dapat mengambil video slow-motion pada 960 fps. Galaxy S9 juga disebutkan akan memiliki speaker stereo yang "disetel oleh AKG". 

Sayangnya, tidak disebutkan Samsung akan menanamkan fitur pengenalan wajah seperti Face ID pada iPhone X. Namun, ada kemungkinan fitur tersebut hanya tidak dituliskan dalam kotak.

Bukan hal aneh jika Samsung menanamkan fitur serupa Face ID pada Galaxy S9, mengingat prosesor Exynos 9810 buatan Samsung sudah dapat mendukung fitur pengenalan wajah atau fitur serupa animoji.

Memang, tidak semua Galaxy S9 akan menggunakan Exynos 9810. Sebagian akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 845. Meskipun begitu, prosesor buatan Qualcomm itu juga sudah mendukung fitur pemetaan wajah. 

Ketika ditanya terkait rumor ini, seperti biasa, Samsung enggan untuk "berkomentar tentang rumor dan spekulasi". 



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.