Berbeda dengan Apple Music, Spotify menawarkan layanan musik streaming gratis dengan metode monetisasi via iklan. Spotify memiliki 70 juta pelanggan pengguna layanan gratis, sehingga jika digabung, kini Spotify memiliki total 140 juta pelanggan.
Sebagai perbandingan, laporan terbaru Apple Music menyebut layanan ini memiliki 30 juta pelanggan pada bulan September 2017, dan 30 juta pelanggan tersebut merupakan pelanggan versi berbayar bulanan.
Spotify menerapkan harga berlangganan datar sebesar USD10 (Rp133 ribu) per bulan untuk layanan streaming musiknya, serupa dengan layanan besar lain seperti Apple Music, Tidal, serta Deezer.
Namun, Spotify juga menawarkan diskon bagi sejumlah pengguna seperti pelajar, serta menawarkan layanan Spotify Family yang memungkinkan pengguna bergabung secara kelompok dengan jumlah anggota maksimal sebanyak enam orang dalam satu akun dengan harga USD15 (Rp200 ribu) per bulan.
Spotify juga dilaporkan tengah mempersiapkan proses penawaran publik awal (IPO), dan secara diam-diam mendaftarkan dokumen IPO tersebut kepada Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat.
Menariknya, Spotify mendaftarkan dokumen tersebut secara langsung, tanpa bantuan institusi perbankan. Berbeda dari sebagian besar IPO lain, tidak tersedia batas harga khusus untuk saham Spotify saat proses IPO berlangsung.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News