Kanselir Jerman bersama CIMON. (AFP PHOTO / John MACDOUGALL)
Kanselir Jerman bersama CIMON. (AFP PHOTO / John MACDOUGALL)

Robot CIMON akan Bantu Para Astronaut di ISS

Teknologi antariksa robot SpaceX
Ellavie Ichlasa Amalia • 29 Juni 2018 11:05
Jakarta:Hari ini, SpaceX akan mengirimkan suplai ke ISS (International Space Station) menggunakan roket Falcon 9 mereka.
 
Suplai itu termasuk makanan dan minuman untuk enam astronaut yang tinggal di ISS dan juga eksperimen sains dan teknologi baru yang akan diuji di stasiun luar angkasa itu. Menariknya, Falcon 9 juga akan membawa "kru" berupa robot AI untuk tinggal di ISS.
 
Robot yang dinamai CIMON -- Crew Interactive Mobile Companion -- ini memiliki tampilan layaknya sebuah bola voli dengan layar di sisinya yang datar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Layar tersebut akan menampilkan wajah kartun sederhana yang akan digunakan untuk berinteraksi dengan para kru manusia di ISS.
 
Untuk bergerak, CIMON dilengkapi dengan 14 kipas internal yang akan mendorongnya dengan menghirup udara dan mengeluarkannya ke arah yang ia tuju.CIMON akan bisa "melayang" di sekitar ISS, mendekati astronaut yang memanggil namanya, dan juga menjawab pertanyaan.
 
Airbus mengembangkan CIMON untuk badan luar angkasa Jerman. Tujuannya adalah untuk menguji apakah bot dengan AI bisa membantu astronaut untuk memudahkan kehidupan di luar angkasa.
 
CIMON telah dilatih beberapa kali di Bumi bersama astronaut Jerman, Alexander Gerst, yang telah ada di ISS.
 
Para pembuat CIMON berkata bahwa robot ini dilengkapi dengan kendali suara, yang dibuat oleh IBM. Fitur ini memungkinkan CIMON untuk berinteraksi dengan astronaut yang memanggilnya.
 
Di ISS, Gerst akan menyambut CIMON dan menggunakan robot ini untuk membantunya dalam beberapa eksperimen.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif