Ribuan Warga Swedia Mulai Tanam Microchip di Tubuh

Cahyandaru Kuncorojati 23 Oktober 2018 17:47 WIB
teknologi
Ribuan Warga Swedia Mulai Tanam Microchip di Tubuh
Alat suntik dan microchip yang ditanamkan pada warga Swedia. (EPA)
Jakarta: Warga Swedia boleh dibilang menjadi yang paling masif dalam memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan sehari-hari.

Dikutip dari NPR, saat ini ada ribuan warga Swedia yang menanamkan microchip di lapisan kulit mereka.

Warga Swedia menanamkan microchip seukuran butiran beras yang dimasukkan ke lapisan kulit di bagian tangan, baik jemari atau lengan, menggunakan alat suntik yang biasa digunakan untuk vaksin dengan biaya USD180 atau Rp2,7 juta.


Microchip ini untuk memudahkan akses penggunanya ke perangkat atau sistem teknologi yang terkait kegiatan sehari-hari, misalnya mengakses kunci pintu elektronik kantor atau rumah, pemantau kesehatan, hingga alternatif pengganti pemindai sidik jari yang mudah dipalsukan.

Bahkan dalam laporan NPR warga Swedia yang sudah menanamkan microchip di tubuhnya juga digunakan sebagai otentifikasi diri pada akun media sosial maupun layanan digital di negaranya.

Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan untuk menanamkan microchip tersebut bernama Biohax International yang disebut mendominasi pasar layanan tersebut di Swedia dengan jumlah pengguna layanannya yang sudah mencapai 4.000 orang.

Perusahaan tersebut didirikan lima tahun lalu dan awalnya bukan oleh seorang ahli teknologi melainkan seorang mantan body piercier profesional atau pemasang aksesoris tindik di tubuh bernama Jowan Osterlund.

"Mengunakan beragam token maupun kartu fisik membuat proses verifikasi identitas menjadi repot. Dengan microchip, kita semakin terhubung dengan teknologi digital di sekitar kita secara langsung," ungkap Osterlund.

Swedia sendiri cukup beruntung karena menjadi negara dengan adopsi teknologi paling pesat. Di sana layanan transportasinya sudah mendukung metode pembayaran yang terhubung ke microchip yang tertanam. Bahkan, di tahun skeitar 1990 pemerintah Swedia sudah membangun program internet cepat dan komputer untuk tiap rumah.

Alasan lain teknologi ini sangat populer menurut Osterlund adalah isu privasi data yang sangat dijaga oleh berbagai pihak, lembaga negara maupun swasta untuk menjaga privasi data penggunanya.

"Jadi isu soal keamanan data pengguna tidak terlalu dicemaskan. Begitupun soal peretasan teknologi ini karena microchip tertanam di dalam tubuh jadi cukup sulit untuk diretas," klaim Osterlund. 



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.