Co-founder & CEO Netflix Reed Hastings
Co-founder & CEO Netflix Reed Hastings

Diblokir Telkom, Ini Komentar Netflix

Teknologi teknologi telkom netflix corporate
Mohammad Mamduh • 10 November 2018 09:40
Jakarta: Layanan streaming film Netflix diumumkan tersedia secara global pada tahun 2016.
 
Indonesia termasuk salah satu negara yang penduduknya bisa mengakases berbagai konten di dalamnya. Kehadiran Netflix disambut positif oleh banyak pihak, termasuk beberapa operator telekomunikasi. Tidak dengan Telkom.
 
Dalam gelaran See What’s Next Asia, Co-founder dan CEO Netflix Reed Hastings mengatakan bahwa mereka menyerahkan sepenuhnya kepada Telkom.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mengenai Telkom, kami serahkan kepada mereka. Kami terus bekerja sama dengan operator-operator lainnya di Indonesia, contohnya XL Axiata, untuk terus bertumbuh agar pengguna di Indonesia bisa akses Netflix seperti negara lainnya,” kata Reed.
 
Pemblokiran Netflix oleh Telkom membuat layanan tersebut tidak bisa diakses lewat jaringan milik Telkom, yaitu Indihome dan Telkomsel. Sementara operator telekomunikasi dan penyedia layanan fix broadband lainnya melihat kehadiran Netflix sebagai peluang besar.
 
Layanan streaming semacam ini dinilai membuat konsumen lebih tertarik menggunakan layanan mereka. Telkom memblokir akses Netflix sejak tahun 2016.
 
"Kami ini Badan Usaha Milik Negara, harus menjadi contoh dan menegakkan kedaulatan Negara Republik Indonesia dalam berbisnis. Kita maunya kalau berbisnis itu harus mematuhi aturan Indonesia," kata Direktur Konsumer Telkom Dian Rachmawan dua tahun silam.
 
Bulan April tahun lalu, Telkom berencana membuka akses Netflix. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa pemblokiran ini hanya masalah bisnis.
 
Pada saat itu, Telkom menyebut telah dihubungi Netflix untuk menjajaki kerja sama. Mereka akan membuka akses untuk Netflix jika mencapai kesepakatan.
 
Dalam kesempatan terpisah, Telkom telah menjalin kerja sama dengan beberapa layanan sejenis yang sudah meluncur di Indonesia, seperti Hooq dan Catchplay. Keduanya menawarkan beragam film, yang juga fokus pada pengembangan konten lokal.
 
Saat ini, Netflix telah menjalin kerja sama dengan empat operator telekomunikasi: XL Axiata, Bolt, Tri, dan Smartfren, dalam menyediakan paket khusus Netflix.
 
Netflix juga melihat pengguna di Indonesia punya potensi yang cukup besar. Selain akan menghadirkan lebih banyak konten lokal tahun depan, mereka telah memasang fitur terjemahan teks Bahasa Indonesia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif