Hashtag atau tagar yang populer di Instagram selama Ramadan 2019.
Hashtag atau tagar yang populer di Instagram selama Ramadan 2019.

Momen Ramadan Instagram dari Unggahan Pengguna

Teknologi instagram
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Mei 2019 07:56
Jakarta: Berlokasi di Ruang Komunal Facebook Indonesia di Jakarta, Instagram membagikan cerita yang mereka kumpulkan dari pengguna Instagram di Indonesia selama bulan Ramadan di 2018.
 
"Di Indonesia sendiri Instagram sangat populer terutama fitur Stories karena konten di fitur terlihat lebih real-time dan banyak hal di dalamnya yang bisa membuatnya lebih menarik," tutur Client Partner Facebook & Instagram Indonesia, Aldo Rambie.
 
"Kenapa data yang ditampilkan bulan Ramadan tahun lalu karena momen tahun lalu yelah berhasil kita tangkap semuanya. Sementara bulan Ramadan tahun ini kan masih berjalan," jelas Rambie.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebutkan bahwa penggunaan Instagram Stories di Indonesia meningkat 28 persen di bulan Ramadan dibandingkan bulan sebelumnya untuk periode 20 Januari hingga 24 Juni 2018.
 
Momen Ramadan Instagram dari Unggahan Pengguna
 
Apa topik yang banyak ditemukan dari unggahan di Instagram? Topik berkaitan Keluarga menjadi yang paling banyak ditemukan selama momen Ramadan 2018 di 22 April, dua minggu sebelum bulan Ramadan hingga 30 Juli 2018 atau dua minggu setelah bulan Ramadan.
 
Dari grafik yang ditampilkan topik Keluarga meroket menjelang awal bulan Ramadan dan di akhir bulan Ramadan yaitu pada momen Idul Fitri. Menurut Rambie, hal ini menandakan bahwa pengguna Instagram sangat senang berbagi momen bersama keluarsa selama di bulan Ramadan via Instagram.
 
"Kemudian topik lainnya adalah makanan, makan-makan, jalan-jalan dan baru online shopping," tutur Rambie. Sayangnya dia tidak menjelasakn secara detil apakah temuan tersebut ditemukan dari unggahan di Stories atau Feed.
 
Rambie juga membeberkan fakta temuan Instagram bahwa banyak pengguna di Indonesia ramai membuat unggahan terkait Ramadan pada siang dan sore hari.
 
Momen Ramadan Instagram dari Unggahan Pengguna
 
"Puncaknya di siang hari unggahan terkait belanja online kemudian travel atau jalan-jalan sangat tinggi. Hal ini mungkin sebagai bagian pengalihan perhatian dari makanan dan berbuka. Baru saat menjelang jam berbuka hingga malam unggahan terkait makanan dan keluarga mulai lebih banyak," jelas Rambie.
 
Untuk tagar yang populer Instagram menjabarkan data dari bulan Ramadan 2019 yang masih berlangsung. Ada juga fakta menarik yang ditemukan di Instagram. Kata "amal" sangat populer digunakan pada unggahan Instagram di Indonesia pada tahun lalu, peningkatannya mencapai 40 persen.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif