Pebisnis perlu mempersiapkan sejumlah hal untuk dapat merambah pasar internasional.
Pebisnis perlu mempersiapkan sejumlah hal untuk dapat merambah pasar internasional.

Tips & Trik

Lakukan Hal Ini Bisa Dorong Penjualan Online Ke Luar Negeri

Lufthi Anggraeni • 05 November 2016 13:26
medcom.id, Jakarta: Pemilik bisnis pasti bercita-cita untuk memperluas cakupan pasarnya dan menjangkau pasar luar negeri. Pasar luar negeri yang tergolong luas menawarkan potensi menggiurkan terutama dalam hal pendapatan dan pemasaran.
 
Namun, untuk mencapai hal tersebut, pebisnis diharuskan untuk mempersiapkan strategi khusus. Cita-cita pebisnis ini dapat dicapai antara lain dengan menghadirkan situs berisi fungsi dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan target konsumen pebisnis tanpa terbatas oleh lokasi dan latar belakang budaya mereka.
 
Salah satu hal yang perlu diperhatikan pebisnis dalam situs mereka yaitu bahasa dan lokalisasi. Kedua hal ini menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi pebisnis dalam memasarkan dan menjual produk mereka ke luar negeri.

Ketersediaan pilihan bahasa sesuai pasar yang dituju, akan menghadirkan kemudahan dan kenyamanan tersendiri bagi konsumen dan calon konsumen pengunjung situs.
 
Perlu diperhatikan juga ketersediaan domain .com yang menghadirkan kemudahan akses bagi konsumen di luar negeri. Namun, pebisnis juga dapat menyiapkan domain dengan ekstensi berbeda atau khusus untu negara tertentu. Domain berbeda dan khusus ini dapat digunakan untuk diarahkan ke situs utama, guna memperbesar trafik situs.
 
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketersedian metode pembayaran yang diakui secara internasional seperti Paypal dan WorldPay. Hal ini ditujukan untuk menghadapi kendala berupa perbedaan mata uang di masing-masing negara, serta untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Tidak lupa, ketersediaan pilihan pembayaran dengan mata uang dari berbagai negara, yang dinilai akan mampu menarik perhatian pengunjung.
 
Selain dua hal tersebut, ketersediaan pilihan pengiriman internasional menjadi hal penting lain yang harus disiapkan oleh pebisnis yang ingin merambah pasar luar negeri. Pebisnis lokal dapat bekerja sama dengan perusahaan logistik yang menawarkan jasa pengiriman ke luar negeri, seperti JNE, TIKI dan Pos Indonesia.
 
Ketersediaan pilihan pengiriman internasional ini tidak hanya dapat meningkatkan tingkat kepuasan konsumen atas layanan yang ditawarkan pebisnis, tapi juga meningkatkan kredibilitas usaha online pebisnis, baik di mata konsumen lokal maupun internasional.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan