Kemenkominfo.
Kemenkominfo.

Migrasi ke TV Digital di Jabodetabek Mundur Lagi ke 2 November 2022

Cahyandaru Kuncorojati • 06 Oktober 2022 10:24
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membatalkan proses Analog Switch Off (ASO) yang menjadi proses migrasi ke televisi digital di kawasan Jabodetabek yang seharusnya berlangsung tanggal 5 Oktober 2022.
 
Kini rencana tersebut mundur menjadi 2 November 2022. Plt Dirjen PPI Kemenkominfo, Ismail, menyatakan bahwa pembatalan ini dilakukan atas permintaan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI).
 
Permintaan tersebut diterima Kominfo lewat surat nomor 021/ATVSI/K-S/IST/9.2022 pada 28 September 2022. Di dalamnya tercantum nama Ketua ATVSI Syafril Nasution dan Sekjen ATVSI Gilang Iskandar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya keduanya, di sini juga disebutkan perwakilan dari televisi swasta seperti Direktur Utama RCTI Kanti Mirdiati, Direktur Utama SCTV Sutanto Hartono, Direktur Utama MNC TV Sang Nyoman Suwisma, Direktur ANTV R Deny Juliarto, Direktur Utama TV One Ahmad Rahadian Widarmana, Direktur Utama Trans TV dan Trans 7 Atiek Nur Wahyuni, serta Direktur Utama GTV Henry Suparman.
 
“ATVSI serta direksi Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) tersebut meminta agar ASO Jabodetabek tanggal 5 Oktober 2022 dibatalkan, dan selanjutnya dilaksanakan serentak pada tanggal 2 November 2022,” kata Ismail.
 
Sekjen ATVSI Gilang Iskandar menyampaikan bahwa distribusi perangkat set top box televisi digital gratis di kawasan Jabodetabek sudah mencapai 96,4 persen atau kisaran 462.038 unit kepada kalangan rumah tangga tidak mampu.
 
Meskipun begitu, pihak ATVSI menilai kesiapan masyarakat masih rendah dan dibutuhkan waktu tambahan untuk mengajak masyarakat berpindah ke siaran televisi digital.
 
“Kita mengusulkan kepada Kominfo, momen ini kita manfaatkan untuk sosialisasi. Kita punya waktu sedikit,” ungkap Gilang. Dia menyatakan ATVSI dan LPS berkomitmen untuk menyediakan dukungan dan persiapan teknis untuk ASO.
 
Pada momen ASO berlangsung nantinya televisi yang masih mengandalkan siaran analog tidak akan mendapatkan siaran sama sekali. Mereka yang tidak memilih untuk membeli televisi baru dengan fitur penerima siaran digital bisa mengandalkan set top box.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif