Acara Google for Indonesia 2019 di Jakarta, 20 November 2019
Acara Google for Indonesia 2019 di Jakarta, 20 November 2019

Google for Indonesia 2019 Usung 'Maju Sama-Sama'

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 20 November 2019 14:00
Jakarta: Google for Indonesia yang keempat resmi digelar. Acara tahunan ini merupakan tempat Google mengumumkan program dan produk baru untuk pasar Indonesia. Tahun ini, mereka mengusung motto “Maju Sama-Sama”.
 
Salah satu pengumuman yang disampaikan Google adalah program Bangkit. Ini adalah sebuah program pelatihan selektif selama enam bulan untuk membantu membangun SDM developer. Program gratis ini akan dimulai pada Januari 2020 dan pendaftaran dibuka mulai hari ini.
 
Bangkit merupakan inisiatif terbaru, setelah sebelumnya Google telah menggelarGoogle Developers Kejar dan Digital Talent Scholarships.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami mendesain program Bangkit bersama Gojek, Tokopedia, dan Traveloka untuk melatih 300 developer yang berkualifikasi tinggi dengan keahlian ?machine learning hingga musim panas 2020,” jelas Randy Jusuf, Managing Director ?Google Indonesia.
 
Melalui program-program untuk bakat-bakat baru dalam bidang teknologi ini, ditambah program pelatihan untuk pemilik bisnis seperti Gapura Digital dan Women Will untuk entrepreneur wanita, Google mengklaim telah melatih 1,6 juta orang Indonesia.
 
Google juga mengumumkan beberapa inisiatif untuk menghadirkan pengalaman berbelanja. Yang pertama adalah Google Shopping yang dilengkapi fitur penelusuran prediktif untuk aktivitas browsing.
 
Halaman ini diklaim menjadi wadah untukmenelusuri berbagai kategori produk dari ribuan toko online dan offline. Mulai hari ini, pengguna dapat melihat penawaran produk dalam bahasa Indonesia dan Inggris, serta bahasa Jawa dalam beberapa bulan ke depan.
 
Google juga mengumumkan periteloffline dapat memunculkan produk mereka di Google Shopping hanya dengan membuat profil Google Bisnisku.
 
Untuk Google Maps, mereka membenamkanfitur ?Stay Safer. Fitur ini akan memberi orang “peringatan saat menyimpang”, yaitu ketika driver yang mengantar mereka menyimpang dari rute yang disarankan lebih dari 0,5 km. Ini juga akan memungkinkan penumpang membagikan lokasi real-time kepada teman dan keluarga lewat satu tombol.
 
Kormo adalah aplikasi bursa kerja dan pengembangan karier Google yang menghubungkan pencari dan pemberi kerja. Mereka menyebut Kormo menyediakan lowongan kerja tingkat pemula di sektor-sektor yang sedang berkembang pesat seperti bisnis on-demand, retail, dan hospitality.
 
Aplikasi ini memanfaatkan algoritma pencocokan berbasis machine learning berdasarkan faktor seperti keterampilan, pengalaman, kompensasi, lokasi, dan ketersediaan. Aplikasi ini juga memiliki fitur pembuat CV gratis dan feed “Pelajari” yang terkurasi dan berisi materi pengembangan profesi.
 
Sementara di pencarian, Google Search kini bisa menerjemahkan halaman web dan memintanya dibacakan dalam beragam bahasa. Search juga bisa membantu menemukan momen penting dalam video tertentu, menyediakan link untuk membuka momen penting dalam video tersebut berdasarkan stempel waktu yang diberikan oleh kreator konten.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif