Informasi terbaru mengindikasikan iPhone 2019 akan hadir dengan port USB-C.
Informasi terbaru mengindikasikan iPhone 2019 akan hadir dengan port USB-C.

Bocoran Gambar iOS 13 Indikasikan Perubahan

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 11 Juni 2019 10:11
Jakarta: Rumor yang sebelumnya beredar menyebut bahwa Apple akan menghilangkan konektor Lightning dari iPhone dan menggantikannya dengan USB-C. Kini informasi terbaru menyebut rumor tersebut akan menjadi kenyataan pada tahun 2019 ini.
 
GSM Arena melaporkan, informasi terbaru mengindikasikan langkah Apple dalam mewujudkan rumor tersebut semakin dekat. Indikasi ini didukung oleh gambar layar restore dari iOS 13 beta yang menampilkan kabel USB-C mengarah ke komputer.
 
Sebelumnya pada proses restore, layar akan menampilkan gambar kabel Lightning yang mengarah ke iTunes. Sebagai informasi, Apple telah menyematkan port USB-C pada iPad Pro yang dirilisnya pada tahun 2018 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apple memperkenalkan konektor Lightning pada bulan September 2012 lalu, dan pertama kali digunakan oleh iPhone 5, iPod Touch generasi kelima, dan iPod Nano generasi ketujuh. Selain itu, iPhone 2019 juga dikabarkan akan berbekal teknologi pengisian daya cepat dengan daya 18W.
 
Daya ini menggantikan kapasitas daya sebelumnya yaitu 5W, yang telah menjadi standar Apple selama beberapa tahun terakhir. Charger dengan daya 18W ini tersedia di Apple Store dengan penawaran harga sebesar USD29 (Rp413,250).
 
Namun konsumen tidak perlu membelinya secara terpisah sebab iPhone 2019 telah berbekal dongle charger Type-C ke Lightning pada kemasan penjualannya. Sementara itu pada bulan Januari lalu, Apple dilaporkan masih mengambil keputusan dan menguji iPhone 2019 dalam versi didukung USB-C dan Lightning.
 
Kehadiran port USB-C akan memberikan sejumlah keuntungan bagi pengguna iPhone, termasuk ketersediaan banyak aksesori yang mendukung plug Type-C serta kemudahan untuk mencari pengganti kabel USB-C dengan harga lebih terjangkau.
 
Selain itu, USB-C juga menawarkan kecepatan transfer lebih cepat jika dibandingkan dengan Lightning. Konektor Lightning akan mengirimkan data pada kecepatan serupa USB 2.0 yaitu 480Mbps, sedangkan USB-C mampu menghadirkan kecepatan transfer serupa USB 3.1 generasi pertama secepat 5Gbps hingga 10Gbps serupa USB 3.1 generasi kedua.
 
Menyoal pengisian daya, iPhone 2019 juga diprediksi akan berbekal fitur pengisian daya terbalik. Fitur ini pertama kali diusung oleh Huawei Mate 20 Pro, dan diikuti oleh seri Samsung S10 dengan nama PowerShare.
 
Fitur pengisian daya nirkabel terbalik ini memungkinkan ponsel digunakan sebagai alas pengisi daya nirkabel. Pengguna Apple iPhone akan dapat membalikkan posisi ponsel dan menghadapkan layar ke arah bawah dan meletakan sasis pembawa AirPod baru di atasnya.
 
Apple juga diyakini akan meningkatkan kapasitas baterai pada iPhone 2019. iPhone 11 Max akan berbekal baterai 3.491 mAh hingga 3650 mAh, iPhone 11 berkapasitas sebesar 3.189 mAh dan 3.322 mAh, dan iPhone 11R berkapasitas 3.089 mAh.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif